Bisnis Baru: Cluster Jamur 

Bisnis Baru: Cluster Jamur

Jamur Cikuda Nusantara memperkenalkan model bisnis baru untuk semua calon pengusaha ( Foto: CoPilot, Bing dan Seide)

Bagi anda yang hobi menanam Jamur, atau ingin investasi di pertanian, tapi tak punya lahan atau beaya untuk membuat kumbung, jangan berkecil hati. Sejak 6 bulan lalu, Jamur Cikuda Nusantara telah mulai inovasi bisnis jamur dengan membuat Cluster Jamur

Melalui sistem sewa kumbung, anda bisa memiliki kebun, dan panen sendiri. Jika anda sekalian ingin investasi, anda bisa sewa kumbung di Cluster Jamur Cikuda. Untuk perawatan, panen hingga penjualan jamur, serahkan pada kami untuk keuntungan anda.

Cluster Jamur yang saat ini tersedia adalah di Cikuda, Kampung Rabak, Parigi serta di Cipanas. Ini hanyalah Cluster Jamur percontohan yang diinisiasi oleh jamur Cikuda Nusantara untuk menampung keinginan masyarakat yang sering berkunjung di kebun Cikuda. 

Sekarang bukan masalah lagi jika anda ingin berbudidaya Jamur Tiram atau ingin memiliki kebun, namun terkendala dengan kepemilikan tanah dan modal besar. Anda bisa menyewa kumbung dan kebun jamur menjadi milik anda. Setidaknya selama menyewa atau minimal 1 tahun ke depan. Sayangnya, Cluster Jamur milik Cikuda sudah penuh dengan antrian. 

Peta Cluster Jamur

Kelak, Jamur Cikuda akan membuat Peta Cluster Jamur yang boleh dimiliki siapa saja di seluruh Indonesia. Ini model bisnis yang diberikan Jamur Cikuda secara cuma-cuma alias gratis, jika anda berminat, 

Wilayah yang diutamakan nantinya adalah Jawa-Bali-Sumatera. Hal ini berkaitan dengan jalur komunikasi dan kemudahan pengiriman petani jamur yang dapat menjadi manager di wilayah itu; baik sebagai pengelola, pemasaran maupun penanggungjawab Cluster Jamur.

Cluster Jamur ini tidak dimonopoli Jamur Cikuda. Mereka hanya sebagai pembuka jalan dan  menyerahkan kepada siapapun dengan bimbingan dari Jaur Cikuda untuk melayani mereka yang siap menjadi pengusaha Cluster. Ini salah satu bukti gagasan bisnis yang diberikan kepada siapapun, untuk pengembangan jamur tiram agar bisa memenuhi permintaan pasar yang selalu kekurangan. 

Disatukan MushGrow

Siapa saja yang memiliki lahan bisa mengelola Cluster Jamur baik untuk disewakan pada kami, maupun untuk dikelola sendiri yang keseluruhannya akan disambungkan melalui aplikasi MushGrow, sehingga semua bisa terpantau melalui aplikasi itu.

Baik pantauan mengenai suhu, kelembaban, cuaca, pengamatan maupun penyiraman dalam bentuk mist atau kabut. Semuanya otomatis. Ini merupakan Smart Famring. Melalui aplikasi ini penyewa Jamur bisa melihat hasil jamur dari hari ke hari yang terpampang di data aplikasi sehingga mereka memiliki kepercayaan tinggi terhadap kebun yang disewa.

Jika anda penyewa kebun di Cluster Jamur, maka muncul istilah kami melalui aplikasi: Your Farm In Your Hand. Kebun Jamur Anda ada di Tangan Anda sendiri. Melalui aplikasi MushGrow di Playstore ( Android) anda bisa download dan mempelajari keunggulan aplikasi ini untuk memudahkan siapapun berbudidaya maupun investasi di Cluster Jamur Nusantara. 

Diharapkan, model bisnis ini mampu melahirkan pengusaha-pengusaha baru, mengurangi pengangguran, menghasilkan pasokan jamur tiram yang seimbang dengan permintaan pasar, serta menjadikan Cluster Jamur sebagai ketahanan pangan di Indonesia.

Jamur sebagai pengganti daging seharusnya dipromoskan pemerintah secara serius. Selain sebagai ganti daging, jamur tiram juga memiliki berbagai nustrisi yang dibutuhkan manusia sereta memiliki daya penyembuhan berbagai penyakit. 

Di antaranya memperbaiki pankreas yang pada akhirnya menyembuhkan diabetes, mencegah kanker dan penyakit jantung, serta menjaga imunitas manusia paling ajaib. 

Menparekraf Sandiaga Uno Resmikan Budidaya Jamur di SMP 12 Jakarta

Jamur Termahal dan Manfaatnya

Jamur Rasa Daging

Bisnis Unik : Sewa Kumbung Kebun Jamur

Avatar photo

About Mas Soegeng

Wartawan, Penulis, Petani, Kurator Bisnis. Karya : Cinta Putih, Si Doel Anak Sekolahan, Kereta Api Melayani Pelanggan, Piala Mitra. Seorang Crypto Enthusiast yang banyak menulis, mengamati cryptocurrency, NFT dan Metaverse, selain seorang Trader.