Eventori dan IMARINDO akan mengonversi view di YouTube menjadi sejumlah rupiah yang akan dibagikan ke para pekerja industri hiburan.
Seide.id – Musik adalah subsektor yang potensial di industri hiburan. Menurut buku Outlook Pariwisata 2020/2021, pada 2020 subsektor musik memberikan kontribusi kepada PDB nasional sebesar Rp5,98 triliun.
Proyeksi jumlah orang yang bekerja di subsektor musik sebanyak 63.676 orang. Hal ini menunjukkan kontribusi subsektor musik di Indonesia sangat besar.
Namun di masa pandemi Covid-19 ini industri hiburan — subsektor musik di dalamnya — sebagai salah satu sektor industri yang paling terdampak oleh pembatasan mobilitas untuk menekan laju penularan COVID-19.
Untuk menggalang solidaritas bagi pekerja dunia hiburan, Kamis (19/8/2021), diluncurkan Gerakan #CintaKitaBersama secara virtual, melalui platform kolaborasi industri hiburan terbesar di Indonesia Eventori bekerja sama dengan Ikatan Manajer Artis Indonesia (IMARINDO).
Dalam Peluncuran Gerakan #CintaKitaBersama hadir pula Ketua Umum IMARINDO, Nanda Persada; CEO Eventori Rio Abdurrachman, penyanyi asal Bali Cinta Wirawan; Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Krisis Kemenparekraf/Baparekraf, Henky Manurung; dan Plt Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf, Cecep Rukendi.
CEO Eventori Rio Abdurrachman mengatakan di tengah kesulitan masih ada musisi yang membuat lagu, pembuat film memproduksi gambar di layar, serta berbagai ragam pertunjukan hijrah ke media digital.
Namun tidak semua merasakan peluang yang sama. Banyak dari pekerja industri hiburan yang kehilangan pekerjaan, punya problem kesehatan, dan masih banyak lagi.
“Ide awalnya datang dari Cinta sebagai talent Eventori yang tinggal di Bali. Cinta sedih dan resah melihat Pulau Dewata yang sepi akibat pandemi. Dia melihat sendiri ayahnya, seorang wedding organizer yang sepi job dan harus berjuang dengan segala cara untuk mempertahankan kondisi ekonomi keluarga.
Cinta kemudian berdiskusi dengan kami dan dari diskusi itu lahirlah ide gerakan ini,” kata Rio Abdurrachman.
Nantinya Gerakan #CintaKitaBersama akan menginisiasi sebuah upaya monetisasi dari paltform youtube yang hasilnya nanti akan disumbangkan bagi para pekerja hiburan yang terdampak pandemi.
Cara berpartisipasinya pun sederhana, cukup dengan menonton video musik “Kita Bersama” yang dibawakan Cinta Wirawan.
Setelah itu Eventori dan IMARINDO akan mengonversi view di YouTube menjadi sejumlah rupiah yang akan dibagikan ke para pekerja industri hiburan.
Dalam periode satu bulan, 19 Agustus – 19 September 2021, diharapkan terkumpul satu juta view sehingga ditargetkan meraup dana Rp50 juta yang nantinya akan dibagikan dalam bentuk bantuan kepada pekerja industri hiburan.