Komunikasi Buruk di Tempat Kerja Bawa Perusahaan ke Kehancuran

Dua Penyakit yang Perlu Cuci Otak; Stroke dan Sesat Pikir

Tidak peduli seberapa besar perusahaan Anda, komunikasi merupakan faktor penting dalam keberhasilannya.

Sebuah perusahaan di mana komunikasi yang baik dipraktikkan cenderung sangat produktif. Di sisi lain, komunikasi yang buruk dapat memiliki beberapa konsekuensi bencana bagi perusahaan Anda.

Bagaimana? Berikut ini beberapa dampak komunikasi buruk dalam bisnis:

Motivasi karyawan menurun

Motivasi dan moral aspek penting dari produktivitas. Ketika karyawan Anda menemukan bahwa mereka tidak dapat berkomunikasi dengan Anda atau satu sama lain, mereka kemungkinan akan menderita karena kurang motivasi.

Mereka mungkin menyadari bahwa mereka tidak sepenuhnya memahami tugas yang ada. Komunikasi yang buruk dalam organisasi berarti sulit bagi mereka untuk pergi ke rekan kerja atau bahkan atasan mereka untuk meminta bantuan.

Hasilnya, karyawan Anda mulai menderita karena harga diri yang rendah sehubungan dengan kemampuan mereka untuk melakukan tugas yang ada. Akhirnya, pekerjaan itu akan dilakukan dengan buruk atau tidak dilakukan sama sekali.

Produktivitas karyawan menurun

Setiap bisnis pasti ingin menjadi produktif, karena produktivitas meningkatkan kemungkinan perusahaan akan mencapai tujuannya. Karyawan yang produktif lebih mampu menyelesaikan tugas dan memenuhi tujuan. Namun, gangguan dalam komunikasi pada akhirnya mengarah kepada gangguan produktivitas.

Komunikasi yang buruk dapat disebabkan oleh karyawan yang tidak dapat berkomunikasi dengan baik dengan atasan mereka, atau mereka tidak dapat berkomunikasi dengan baik satu sama lain.

Mungkin juga tujuan organisasi dan tugas-tugas yang terkait dengannya tidak dikomunikasikan dengan baik. Dalam kasus seperti itu, produktivitas akan berkurang karena kegagalan untuk berkomunikasi.

Kesalahan di tempat kerja meningkat

Efek lain dari komunikasi yang buruk adalah kurangnya pemahaman, jika Anda tidak membiarkan karyawan Anda sepenuhnya memahami apa yang diharapkan dari mereka.

Karyawan cenderung salah memahami tugas mereka. Ini secara alami menyebabkan lebih banyak kesalahan di tempat kerja, yang pada gilirannya menyebabkan penurunan produktivitas.

Penyebab umum dalam hal ini adalah komunikasi tertulis Anda. Pastikan itu jelas dan dipahami dengan baik oleh karyawan Anda. Biarkan mereka tahu bahwa mereka selalu dapat meminta klarifikasi jika mereka merasa tidak yakin tentang apa pun. Hal yang sama berlaku untuk instruksi lisan Anda juga. (Sumber: smallbusiness.chron.com)