Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa AS Diminta Mundur Terlibat Kriminal dan Merugikan Cryptocurrency

Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa AS Diminta Mundur Terlibat Kriminal dan Merugikan Cryptocurrency

SEIDE.ID-Dunia kripto tidak semakin baik dengan campur tangan SEC USA (United States Securities and Exchange Commission)  atau Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat. Terutama dengan ketuanya, Gary Gensler. SEC sedang jadi pembicaraan hangat seluruh jagad. Gary Gensler dikecam lantaran ketidaksukaannya pada Aset Kripto. Semua kripto dianggap sekuritas dan harus berada di bawah SEC. Gary mengesampingkan kripto berada di bawah institusi lain sebagai komoditas. 

Yang lebih parah, Gary dituduh keterlibatan dengan institusi keuangan swasta raksasa seperti Vanguard, BlackRock dan Citadel. Manipulasi dan keberpihakan SEC terhadap raja uang dunia, menyebabkan para investor dari besar, sedang hingga kecil menderita kerugian karena perlakuan pada manipulasi bisnis keuangan.

Petisi Untuk Ketua SEC

Sebuah petisi melawan Ketua SEC Gary Gensler kini masih berlangsung dan mendapatkan perhatian khalayak usaha. Apalagi setelah tuduhan korupsi dan manipulasi pasar baru-baru ini oleh Ketua SEC, Gary Gensler.  Menurut petisi, Ketua SEC Gary Gensler sebaiknya mundur lantaran gagal melindungi investor ritel dari penipuan karena short selling dan penyalahgunaan dark pool oleh Citadel Securities, Citadel the Market Maker. Sementara Citadel tetap beroperasi meski memanipulasi pasar saham yang merugikan banyak investor. 

Gary Gensler dituduh mempersingkat saham yang berfokus pada aset kripto seperti AMC Theaters dan GameStop melalui Vanguard Group dan BlackRock. Baru-baru ini, pengacara John E. Deaton mengungkapkan bahwa Vanguard Group mengelola dana milik Gensler untuk perusahaannya Annabel Lee LLC dan Marital Trust. Bos SEC ini memiliki kekayaan lebih dari $100 juta ( Rp 1,5 triliun), dimana 90% di antaranya dikelola oleh Vanguard.

Anti Kripto

Deaton membeberkan bahwa Gensler ingin mengklaim yurisdiksi atas kripto karena ia terus mengkategorikan token kripto sebagai sekuritas. Selain itu, Gary dikabarkan mendesak Bursa Kripto untuk setuju dengannya dengan alasan untuk melindungi investor dengan lebih baik.

Gary Gensler terus  menolak untuk berbicara dengan investor XRP, Kongres AS, dan regulator keuangan lainnya. Selain itu, SEC di bawah Gary Gensler tampaknya menghindari keputusan dan pandangan historis untuk pejabat SEC. Misalnya, dalam kasus melawan Ripple, SEC lalai mengungkapkan draf pidato Hinman tahun 2018 meskipun ada perintah pengadilan.

Sebagian besar suara petisi berasal dari komunitas kripto yang tak menyukai sikap Gensler karena ia anti-kripto. Hingga saat ini, petisi tersebut telah menerima hampir 25.000 suara, menjadi petisi yang paling banyak ditandatangani di Change.org.

Gary Gensler percaya aset kripto harus diatur oleh SEC, bukan CFTC. Karena gugatan SEC terhadap Ripple, tampaknya mendukung investor XRP. SEC juga dikabarkan telah menyerang Bursa Coinbase karena mendaftarkan sekuritas yang tidak terdaftar.

Seorang pengamat mengatakan bahwa jika SEC masih dipegang Gary Gensler, cryptocurrency tak berkembang, bahkan bisa diberangus….

MS Sumber Change.Org, The Block, D’Crypto Foto CoinQuora

BACA LAINNYA:

SEC Selidiki Semua Bursa Kripto di Amerika

Ripple Akan Pindah dari AS Jika Kalah Digugat SEC

CRYPTO NEWS: Orang Amerika Kesulitan Bayar Hutang, Ethereum Potensi Naik ROI Tertinggi

About Admin SEIDE

Seide.id adalah web portal media yang menampilkan karya para jurnalis, kolumnis dan penulis senior. Redaksi Seide.id tunduk pada UU No. 40 / 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik (KEJ). Opini yang tersaji di Seide.id merupakan tanggung jawab masing masing penulis.