Bekerja, berkarir, dan sukses untuk diri sendiri itu biasa. Luar biasa, jika kita mampu bekerja dengan tim untuk meraih sukses bersama.
Bekerja dengan kelompok atau tim itu tidak semudah, jika kita bekerja sendiri.
Ketika kita memutuskan untuk bekerja dengan kelompok atau tim berarti kita dituntut untuk berani bersikap rendah hati, sabar, dan menghargai perbedaan dalam kebersamaan.
Kita tidak bisa mengklaim, bahwa kita ini lebih pintar, hebat, dan lebih jago dari anggota yang lain.
Kerja dengan kelompok atau tim, kita diajak saling mengisi kekurangan dengan kelebihan masing-masing, kompak, saling percaya, dan mengutamakan tujuan, goal yang hendak dicapai bersama. Dan kita pasrah pada keputusan ketua tim yang memimpin.
Hasilnya Yang Membedakan
Tujuan dan motivasi orang bekerja itu tidak sama antara yang satu dengan yang lain. Ada orang yang bekerja asal-asalan, sekadar mengisi waktu, butuh uang, untuk masa depan yang lebih baik, dan seterusnya.
Yang membedakan di antara mereka adalah rasa memiliki, kualitas bekerja, profesionalisme, dan tanggung jawab dalam menciptakan goal demi goal untuk meraih sukses.
Bekerja sendiri itu diibaratkan kita mempunyai lahan dan kemampuan terbatas, sehingga hasil yang dicapai juga terbatas. Tidak maksimal.
Berbeda, jika bekerja dengan kelompok atau tim.
Bersama kelompok atau tim, kita dituntut untuk mengeksplorasi kemampuan dan mensinergikannya agar wawasan kita semakin terarah, terkoordinasi, dan fokus untuk meraih sukses yang jauh lebih besar.
Keuntungan yang lain, dengan bekerja kelompok atau tim, semakin mematangkan kita dalam beroganisasi, mengambil keputusan penting, dan melatih jiwa kepemimpinan kita dalam menghadapi tantangan era digitalisasi. (MR)