Hoax Gaji Jaksa Pinangki yang Resmi Dipecat

SEIDE.ID. Sejak dua hari ini tersebar berita tentang masih bebasnya Jaksa Pinangki Sirna Malasari, serta masih menerima gaji sebagai PNS. Namun berita hoax ini langsung disanggah Kejagung. 

Melalui Kapuspenkum Kejagung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak, sejak hari Jumat tanggal 6 Agustus 2021 ini, telah ditetapkan keputusan Jaksa Agung RI No. 185 Tahun 2021. Isinya tentang pemberhentian dari jabatan dari PNS dikarenakan melakukan tindak pidana kejahatan. 

Disebutkan, terdakwa Pinangki Sirna Malasari sudah tidak menerima gaji sejak September 2020, sedangkan tunjangan dan uang makan juga sudah tidak diterima lagi oleh yang bersangkutan.

Kasus yang menjerat Jaksa Pinangki Sirna Malasari dianggap banyak pihak, termasuk pegiat anti korupsi, sebagai dagelan hukum dan upaya tidak serius membenahi hukum di Indonesia. Pinangki terbukti bersalah melakukan tiga tindak pidana dalam kasus korupsi pengurusan fatwa di Mahkamah Agung ( MA). Ini upaya agar terpidana kasus korupsi pengalihan hak tagih Bank Bali,  Djoko Trjandra dapat kembali ke Indonesia tanpa menjalani hukuman dua tahun. Rupanya jaksa ini telah bertemu dengan Djoko di luar negeri dan merancang pembebasan dirinya dengan iming-iming uang miliaran rupiah.

Pinangki mendapat hukuman 10 tahun penjara, namun karena beralasamn punya anak yang masih kecil, hukuman didiskon menjadi 4 tahun dan denda Rp 100 juta atas uang yang diterima dari Djoko sebesar Rp 7,5 miliar. Pinangki juga terbukti melakukan tindak pidana pencucian uang dengan total Rp 5,25 miliard. 

ICW menyebut seluruh penanganan korupsi suap, pencucian uang dan pemufakatan jahat Pinangki hanya dagelan semata. Hukuman yang diberikan Pinangki lebih ringan dari korupsi ringan lainnya. Terlebih Pinangki sebagai orang yang paham hukum yang mestinya bisa menghindarinya. ( MS)

SEIDE

About Admin SEIDE

Seide.id adalah web portal media yang menampilkan karya para jurnalis, kolumnis dan penulis senior. Redaksi Seide.id tunduk pada UU No. 40 / 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik (KEJ). Opini yang tersaji di Seide.id merupakan tanggung jawab masing masing penulis.