Apapun bidang usahanya, jika ingin jadi besar dan sukses, hendaknya berani melayani. Kita jadi pelayan bagi semua orang.
Buka mata dan amati di sekeliling kita. Banyak orang ingin serba kemudahan dan dilayani. Apalagi di era digitalisasi yang serba online ini. Saatnya, kita memanfaatkan media sosial itu sebagai peluang usaha untuk meraih sukses.
Kita dapat melayani dalam bidang jasa pengadakan dan pengiriman barang, jual beli rumah, konsultasi kesehatan, cleaning service, dan seterusnya. Dengan memahami bidang yang ditekuni tentu makin memudahkan kita dalam melayani pelanggan.
Kenyataannya, secanggih apapun sistem pelayanan dewasa ini, tidak ada yang mampu mengalahkan orang yang melayani dengan hati.
Begitu pula sistem online. Kita dapat memendekkan jarak, waktu, hingga pengiriman barang tepat waktu. Tapi melayani dengan hati itu tidak bisa diwakili oleh mesin. Karena kita hadir di hati pelanggan lewat sapaan, perhatian, hingga datang kunjungan door to door. Kita membangun kedekatan emosi demi kepuasan pelanggan.
Pelanggan itu bukan sebatas mitra usaha, melainkan mitra sukses bersama. Artinya, kita juga diajak berani mengedukasi, urun saran demi perbaikan usaha, bahkan hingga kita berbagi trik bisnis demi kesuksesan mitranya. Karena sukses pelanggan adalah sukses kita juga.
Sama halnya dengan kita dalam melayani keluarga, apapun peran kita. Baik sebagai suami, istri, atau anak. Kita diajak untuk bersinergi demi kebahagiaan keluarga.
Untuk membangun kedekatan hubungan emosi dalam keluarga itu dibutuhkan kesadaran anggotanya. Kita dituntut untuk menjalankan hak dan kewajiban itu dengan baik.
Dengan semangat keterbukaan keluarga kita bersinergi untuk saling melengkapi, mengingatkan, dan mendukung satu sama lain. Sehingga tercipta interaksi yang harmonis.
Dengan semangat melayani, kita mengabdi pada profesi, apapun usaha dan peran kita di dunia ini.
Kebahagiaan itu kita rasakan dan nikmati, ketika kita memberikan hidup ini dengan ikhlas dan sepenuh hati. (Mas Redjo)