Jadi Rebutan Parpol, Kaesang Hanya Bisa ke PDI-P

Seide.id – Menyatakan berminat terjun ke dunia politik, Kaesang Pangarep pun jadi rebutan sejumlah partai. Sementara itu, Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa partainya terbuka bagi Kaesang jika ingin bergabung.

Mendengar minat Kaesang terjun ke dunia politik, reaksi antusias memang langsung bermunculan.

Sejumlah parpol, mulai PKB, PPP, PAN, NasDem, hingga Gerindra pun ramai-ramai menggelar karpet merah untuk Kaesang Pangarep jika ingin bergabung dengan partai mereka.

Meski demiikian, tampaknya suami dari Erina Gudono ini tidak bisa bergabung dengan partai lain kecuali PDIP-P.

Alasan Hanya bisa bergabung PDI-P

PDI-P yang telah membuka pintunya, mengungkap penyebab kenapa Kaesang tidak bisa bergabung dengan partai lainnya.

“Ya sekiranya mau masuk ke PDI Perjuangan, karena kami ini punya aturan bahwa dalam satu keluarga tidak bisa masuk dalam pilihan partai-partai yang berbeda,” kata Hasto, Sabtu (28/1/2023).

Diketahui, Kaesang Pangarep adalah putra dari Presiden Jokowi, kader PDI-P. Begitu juga dengan kakaknya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, merupakan kader Banteng.

Hasto menegaskan, setiap orang yang ingin terjun ke dunia politik haknya dijamin oleh konstitusi. Tapi sebelum terjun ke dalamnya, PDI-P memberi pesan kepadanya.

“Politik itu mulia, politik itu harus punya tujuan dalam membangun kesadaran rakyat agar semua bergerak menjadi satu kesatuan energi, kemajuan yang dipimpin oleh partai politik,” jelasnya.

Sejumlah bidang tersedia sebagai pilihan

“Kami sampaikan, tinggal pilihannya, apakah masuk politik kebudayaan, politik pendidikan, politik pemberdayaan masyarakat dan sebagainya,” ujar Hasto.

Tidak perlu menemui Megawati

Jika ingin masuk PDI-P, Kaesang tak perlu lagi menemui Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri. Pasalnya, kini tata cara pendaftaran anggota partai bisa dengan online.

“Oh kalau untuk menjadi anggota, stelsel aktif, itu bisa melalui daring, kami partai digital juga yang telah mengembangkan suatu sistem informasi yang sangat baik,” katanya.

“Ada aplikasi MPP (Media Pintar Perjuangan) yang telah dikembangkan oleh Mas Prananda Prabowo sehingga setiap simpatisan yang ingin menjadi anggota itu terbuka,” lanjutnya.

Sebagai informasi, minat Kaesang terjun ke politik sebelumnya telah diungkap oleh Gibran Rakabuming.
(ricke senduk)

Kaesang Pangarep Berminat Terjun di Politik, Targetnya?

Avatar photo

About Ricke Senduk

Jurnalis, Penulis, tinggal di Jakarta Selatan