CryptoNews: Bank Sentral Eropa Kritik Bitcoin Sebagai Tak Berguna

Bank Sentral Eropa Kritik Bitcoin Sebagai Tak Berguna (Foto: Coinvestasi)

Lagi-lagi, meski Bitcoin diburu investor seluruh dunia, Bank Sentral Eropa mengkritik Bitcoin sebagai hal yang tak brmanfaat. Ini bukan pertamakali pejabat bank mengkritik Bitcoin yang barus aja menerima penghargaan Guiness Book of World Record sebagai sistem keuangan terdessentralisasi pertama di dunia.

BANK SENTRAL EROPA KRITIK BITCOIN

Dua direktur Bank Sentral Eropa menerbitkan sebuah artikel yang mengkritik keras Bitcoin. Bebera alasan adalah bahwa transaksi Bitcoin rumit, lambat, dan mahal. Bitcoin tidak pernah digunakan secara signifikan untuk transaksi legal di dunia nyata. Sistem Bitcoin adalah sistem pencemar yang belum pernah ada sebelumnya (unprecedented polluter).

Selain itu, Bitcoin tampaknya tidak cocok sebagai sistem pembayaran atau pun sebagai bentuk investasi; Dalam peraturan, Bitcoin seharusnya diperlakukan bukan sebagai sistem pembayaran atau pun sebagai bentuk investasi dan dengan demikian Bitcoin tidak boleh dilegitimasi. 

Ini bukan pertamakali pejabat bank serta institusi keuangan lain mengkritik dan merendahkan Bitcoin. Faktanya, Bitcoin tetap diburu dan harganya tetap tinggi.

CryptoNews: Bitcoin Masuk Guiness World Records

BLACKROCK INVES $24 JUTA SEBELUM FTX BANGKRUT

CEO BlackRock, Larry Fink mengatakan bahwa perusahaan manajemen aset raksasa tersebut telah menginvestasikan $24 juta di FTX sebelum bursa kripto tersebut runtuh.

AUM MENURUN TAJAM

Pada November 2022, total AUM (Asset Under Management) di semua produk investasi aset digital mengalami penurunan tajam sebesar 14,5% menjadi $19,6 miliar, mencatat AUM bulanan terendah sejak Desember 2020.

ANKR DIEKSPLOITASI 

Hari ini Ankr, protokol DeFi berbasis BNB Chain terkena serangan exploit. Peretas menggunakan exploitkontrak cerdas untuk mencetak sekitar 20tr token Ankr Reward Bearing Staked BNB (aBNBc). Sejak peretasan terjadi, peretas tersebut telah menggunakan Uniswap, Tornado Cash, dan berbagai bridgeuntuk menukar dan mengaburkan sumber dana untuk mendapatkan USDC senilai sekitar $5 juta.

Karena tindakan peretas tersebut,  harga token aBNBc turun dari $302 menjadi harga terendah sepanjang masa di $0,00000000000000878. 

Peretas juga menggunakan Helio Protocol untuk meminjamkan lebih dari $16 juta BHAY0 dan menukarnya dengan HAY0, yang membuat stablecoin Hay menjadi depeg, sempat turun menjadi $0,2 dan sekarang berganti nama menjadi “Destablecoin HAY.”

Binance segera bereaksi terhadap insiden tersebut dengan mengumumkan bahwa semua pendepositan dan penarikan yang terkait dengan tindakan peretas telah dihentikan.

CryptoNews: Peretasan Semakin Marak. Bursa Kripto Nyaris Tak Berdaya

INVESTOR RITEL HARUS DILINDUNGI

Komisaris CFTC AS, Christy Goldsmith Romero berbicara di Singapore’s Futures Industry Association Asia Derivatives Conference. Dia menyarankan CFTC  melakukan pengawasan yang lebih kuat terhadap bursa kripto dan menambahkan kategori formal baru untuk investor ritel. 

Christy berkata, “Melindungi investor ritel rumah tangga dimulai dengan mendefinisikan kembali siapa investor ritel. Sebagian besar lahir setelah tahun 1980, beragam, dan berpenghasilan kurang dari $50.000 setahun. Profil seperti itu bukan pelanggan khas yang biasa dipantau oleh CFTC. Kita juga tidak boleh membiarkan mereka hancur, di mana kehancuran tersebut akan terjadi apabila tidak ada perlindungan pelanggan yang berarti dan terarah.” 

PENGUSAHA KRIPTO UNDER 30

Forbes menyajikan daftar FinTech 30 under 30 yang menampilkan wirausahawan, pemimpin, dan bintang muda paling cerdas. Pengusaha terkait kripto mewakili sekitar 30% dari daftar tersebut.

Lima individu teratas yang terkait kripto meliputi:

▪️Kevin Sekniqi (Co-Founder Ava Labs)

▪️Eva Beylin (Direktur GRAPH Foundation)

▪️Kanav Kariya (Presiden Jump Crypto)

▪️Ria Bhutoria (GP Castle Island Ventures)

▪️Hayden Adams (Founder Uniswap Labs)

Perilaku Serakah Pebisnis Kripto Membuat Dunia Cryptocurrency Tidak Baik Buat Investor

MASK UNTUK MEMBELA INVESTOR FTX ASIA

Suji Yan, pendiri Mask Network, mengatakan bahwa FixDAO akan dibentuk untuk para korban FTX di Asia untuk membela kepentingan mereka. Sejauh ini, DAO telah mengumpulkan klaim keuangan senilai lebih dari $200 juta.

SAFU Sebagai Garansi Kehilangan Aset Kripto Di Binance

BUNGA 20% ADALAH PENIPUAN

Jaksa Korea Selatan mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk empat investor awal dan teknisi Terra Lab, termasuk mantan CEO Shin, atas dugaan penipuan dan kejahatan lainnya. Jaksa percaya bahwa desain 20% bunga pendapatan pada Anchor adalah penipuan.

MS Sumber Telo

Avatar photo

About Mas Soegeng

Wartawan, Penulis, Petani, Kurator Bisnis. Karya : Cinta Putih, Si Doel Anak Sekolahan, Kereta Api Melayani Pelanggan, Piala Mitra. Seorang Crypto Enthusiast yang banyak menulis, mengamati cryptocurrency, NFT dan Metaverse, selain seorang Trader.