Kuliner Nusantara: Sotindang Sajian Gubernur Riau


Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Menteri Kelautan Susi Puidjiastuti, Mas Jokowi Presiden Kita serta Menparekraf Sandiaga Uno, diberitakan pernah menikmati Sotindang. Kuliner khas Pekanbaru.

Oleh HERYUS SAPUTRO SAMHUDI

TANGGAL 17 Desember 2021, Mbak Pudentia MPPS dan Bang Muchlis PaEni dari ATL (Asosioasi Tradisi Lisan) Pusat, mencangking saya ke Pekanbaru untuk hadir dalam acara budaya “Kenduri Pantun” yang digelar Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, berkait setahun diakuinya Pantun oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Dunia sebagaimana usul bersama Indonesia – Malaysia.

“Kenduri Pantun” digelar dalam bentuk webinar, daring maupun luring, di Anjung Seni Idrus Tintin. Sebelum malam puncak, Gubernur Drs H. Syamsuar M.Si yang juga Ketua Pembina ATL Riau, mengundang kami santap malam di rumah dinasnya, Spesial, karena selain Pak Gubernur dan kami bertiga dari Jakarta, dinner cuma dihadiri Kadisbud Yose Rizal Zein, serta Budayawan penyair Taufik Ihram Jamil.

Sajian Sotindang di Rumah Dinas Gubernur Riau – Heryus Saputro Samhudi

Ragam hidangan utama tampak di meja saji. Asam Pedas Patin, Balado Lais Sale dan Baung Asap, Goreng Udang Galah dan banyak lagi ragam kuliner khas Riau yang sudah saya kenal, selain one dish meal (sajian sepinggan) yang bahan isian matangnya diwadahi mangkuk, ditaburi irisan seledri dan goreng bawang, lantas disiram kuah kaldu panas bening berbahan udang.

Sepintas mirip sajian Tekwan atau Celempung, Palembang, Sumatera Selatan. Tapi bukan. “Ini Sotindang, BakSO dari bahan utama ikan paTIN dengan kuah uDANG.” terang Gubernur Syamsuar, sambil menunjuk ke bahan isian berbentuk bulat putih mirip bakso ikan umumnya, dan merupakan bagian bahan padat dalam mangkuk, selain kerupuk pangsit (juga isi patin) bumbu lainnya yang disiram kuah udang.

Ikan patin memang satu dari ikan segar air tawar andalan Riau, khususnya di Kabupaten Sungai Kampar. “Tiga puluh ton ikan patin dihasilkan Provinsi Riap tiap hari,” ucap Gubernur.

Potensi ini menggugah Hanny Shanaya, pegiat usaha kuliner di Pekanbaru, dan lahirlah ragam produk olahan berbahan baku ikan patin, antara lain sajian kuliner sepinggan yang dipopulerkannya sebagai Sotindang.

Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Mantan Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti, Mas Jokowi Presiden Kita serta Menparekraf Sandiaga Uno, diberitakan pernah menikmati Sotindang. Tak heran bila kini tak cuma Hanny yang buka resto Sotindang. Banyak warung tenda biru dan kedai lain di Pekanbaru menawarkan kuiner berkuah yang enak dinikmati hangat-hangat itu.

Yang menarik, sajian Sotindang disebut-sebut berfilosofi kekinian Riau. Antar lain menggunakan campuran mi sagu kualitas nomor satu Indonesia produki Kabupaten Meranti, ikan patin asal Sungai Kampar, dan diberi kuah berbahan udang Bengkalis. Kesemuanya tersedia di Riau. Bahkan daun seledri berwarna hijau, cabai merah dan acar nanas berwarna kuning adalah warna-warna khas Melayu Riau. ***

04/03/2022 PK 20:51 WIB

Avatar photo

About Heryus Saputro

Penjelajah Indonesia, jurnalis anggota PWI Jakarta, penyair dan penulis buku dan masalah-masalah sosial budaya, pariwisata dan lingkungan hidup Wartawan Femina 1985 - 2010. Menerima 16 peeghargaan menulis, termasuk 4 hadiah jurnalistik PWI Jaya - ADINEGORO. Sudah menilis sendiri 9 buah buku.