Perempuan Diperkosa di Kereta, Para Penumpang Diam Saja

Menjawab pertanyaan BBC, juru bicara kejaksaan di Delaware mengatakan kasus ini tengah diselidiki dan “untuk saat ini tidak ada rencana menjatuhkan dakwaan kepada para penumpang”.

Kevin McMunigal, mantan jaksa dan guru besar ilmu hukum di Case Western Reserve University, mengatakan kepada BBC bahwa di hampir semua negara bagia di Amerika Serikat, publik secara umum, tak punya “kewajiban secara khusus” untuk membantu korban, kecuali orang tua, orang yang diberi kewenangan merawat, atau anggota polisi.

McMunigal mengatakan, kasus-kasus seperti yang terjadi di dalam kereta api di Philadelphia adalah kasus yang sangat jarang terjadi.

Peristiwa yang jarang terjadi. Akhirnya polisi turun tangan.

“Di banyak situasi, orang-orang akan mengambil tindakan, setidaknya menghubungi 911,” katanya.

Tamara Rice, guru besar ilmu hukum di University of Miami, mengatakan terbuka kemungkinan memproses secara hukum para penumpang ini, jika diketahui tindakan merekam berdampak terhadap tindak pidana atau perekaman ini mendorong terjadinya tindak pidana.

Tapi ia menambahkan proses hukum terhadap para penumpang ini kecil kemungkinannya terjadi. – BBC/dms

SEIDE

About Admin SEIDE

Seide.id adalah web portal media yang menampilkan karya para jurnalis, kolumnis dan penulis senior. Redaksi Seide.id tunduk pada UU No. 40 / 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik (KEJ). Opini yang tersaji di Seide.id merupakan tanggung jawab masing masing penulis.