Simak Peraturan PPKM Level 3

Seide.id – Pemerintah telah mengumumkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di sejumlah wilayah akibat kenaikan kasus Covid-19 dan rendahnya tracing (pelacakan kasus).

Wilayah-wilayah yang masuk dalam PPKM Level 3 adalah Jabodetabek, Bandung Raya, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Bali.

Aturan PPKM tercantum dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 9 Tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyrakat Level 3, Level 2, dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Ketentuan ini resmi berlaku mulai 8-14 Februari 2022

PERATURAN PPKM LEVEL 3

Sekolah dan Tempat Kerja

1 Pelaksanaan pembelajaran di satuan pendidikan dapat dilakukan melalui pembelajaran tatap muka terbatas dan/atau pembelajaran jarak jauh.

2 Pelaksanaan kegiatan pada sektor non esensial diberlakukan maksimal 25 persen bekerja dari kantor atau work from office (WFO) bagi pegawai yang sudah divaksin dan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi pada pintu akses masuk dan keluar tempat kerja.

3 Pegawai wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi guna melakukan skrining. Pegawai dan pengunjung yang diperbolehkan masuk hanya yang kategori hijau dalam aplikasi PeduliLindungi, kecuali tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan

Supermarket, Pasar, dan Rumah Makan

4 Supermarket, hypermarket pasar tradisional, toko kelontong, swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari , jam operasional dibatasi sampai pukul 21.00 waktu setempat dengan kapasitas pengunjung 60 persen

5 Pelaksanaan makan/minum di tempat umum di warteg, pedagang kaki lima, lapak, restoran, kafe, harus tetap mematuhi prokes. Beroperasi sampai pukul 21.00 WIB. Kapasitas pengunjung maksimal 60 persen.

6 Restoran/rumah makan, kafe yang beroperasional malam hari jam operasional pukul 18.00 sampai 00.00 WIB, dengan kapasitas maksimal 25 persen, waktu makan maksimal 60 menit.

Mall dan Bioskop

7 Kegiatan di pusat perbelanjaan/mall dibuka dengan ketentuan:

Kapasitas maksimal 60 persen, anak usia di bawah 12 tahun wajib didampingi orangtua dan menunjukkan bukti vaksinasi minimal dosis pertama.

Tempat hiburan anak-anak dibuka dengan kapasitas maksimal 35 persen dengan syarat menunjukkan bukti vaksinasi lengkap untuk setiap anak yang masuk.

Untuk 4.5,6, 7 Pengunjung wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi dengan kategori Hijau, kecuali tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan

8 Bioskop

Ketentuan, pengunjung dengan kategori Hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang bisa masuk, kecuali tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan.

Anak usia di bawah 12 tahun wajib didampingi orangtua dan menunjukkan bukti vaksinasi minimal dosis pertama.

Restoran di dalam area bioskop diizinkan menerima makan di tempat dengan kapasitas maksimal 50 persen dan waktu makan maksimal 60 menit.

9 Tempat Ibadah dan Fasilitas Umum

Tempat ibadah seperti Masjid, Musholla, Gereja, Pura, Wihara, dan Klenteng dapat beroperasi dengan ketentuan:

Maksimal 50 persen dari kapasitas tempat
Menerapkan protokol kesehatan secara ketat
Memperhatikan ketentuan teknis dari Kementerian Agama

10 Fasilitas umum

Fasum seperti area publik, taman umum, dan tempat wisata umum dibuka dengan ketentuan:

Kapasitas maksimal 25 persen dengan mengikuti prokes.

Pengunjung wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi dengan kategori Hijau, kecuali tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan.

Anak usia di bawah 12 tahun wajib didampingi orangtua dan menunjukkan bukti vaksinasi minimal dosis pertama.

11 Penerapan ganjil-genap di sepanjang jalan menuju dan dari lokasi tempat wisata mulai Jumat pukul 12.00 sampai Minggu pukul 18.00 waktu setempat.

Kegiatan Budaya dan Hajatan

12 Kegiatan seni, budaya, olahraga, sosial
dan kegiatan di pusat kebugaran/gym .
Kapasitas maksimal 25 persen.

Wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi dengan kategori Hijau, kecuali tidak bisa divaksin karena alasan kesehat

13 Pelaksanaan resepsi pernikahan dapat dibuka dengan kapasitas maksimal 25 persen, dan tidak mengadakan makan di tempat dengan menerapkan prokes secara lebih ketat.

(ricke senduk)

Resmi, PPKM Level 3 Berlaku untuk DKI Jakarta dan Bodetabek

Avatar photo

About Ricke Senduk

Jurnalis, Penulis, tinggal di Jakarta Selatan