Uang Kripto Penting Untuk Masa Kini dan Masa Depan

Mengapa uang kripto penting untuk masa kini dan masa depan ( Foto: tokocrypto)

Aset kripto lebih cepat, aman dan murah dan lebih pribadi. Karakter yang kripto seperti ini yang akan meninggalkan bank sentra dan sistemnya yang merajai ekonomi dunia. Kekuasaan bank itu yang kini akan diganti oleh Kripto. Jenis aset yang lebih menguntungkan daripada emas, saham atau properti. ( Foto; Tokocrypto)

MAS SOEGENG, Provokator Bisnis

Mata uang kripto merupakan bentuk aset digital. Kripto tak tersedia di bank sentral atau bank tradisional. Kripto berada dalam sistem blockchain dengan menggunakan matematika kompleks yang diproses di ruang digital menggunakan kriptografi untuk mengamankan aset anda. 

Orang yang memiliki aset digital kripto ini, dapat menggunakannya kelak untuk membeli tiket pesawat, tinggal di hotel, beli mobil atau minum kopi di pinggir jalan yang melayani pembayaran menggunakan uang kripto.

Dalam hal untuk investasi, kripto tak ubahnya dengan saham, emas atau komoditi berjangka lainnya. Jika anda percaya pada investasi dengan saham, emas, properti, seharusnya anda memperimbangkan juga kirpto.

Mengapa Kripto Penting

Jika anda investasi di emas atau saham, dengan uang Rp 10 juta pada tahun 2000, mungkin tahun 2001 ini, uang anda menjadi  Rp 40 juta hingga Rp 50 juta. Namun jika anda investasikan ke mata uang Bitcoin, barangkali saat ini uang anda menjadi Rp 10 miliar !

Kenaikan kurs kripto sangat melayang. Bisa tiba-tiba naik 1.000 % bisa nyungsep sampai ke tanah. Teapi seroang trader baik tak pernah rugi. ia selalu untung sebab hanya menarik keuntungannya saat harga tinggi dan membeli saat kripto turun. 

JANGAN LEWATKAN

Ini Alasan Mengapa Masih Lebih Baik Investasi pada Kripto

Tak ada yang tahu anda punya aset berlimpah. Bahkan untuk mengambil uang itu dan masuk ke bank lokal, tak ada yang tahu. Semua dilakuklan anda seorang diri. Aman, rahasia dan pribadi. Uang pindah ke rekening anda di BCA atau Mandiri dalam hitungan detik dari Exchange ( Bursa Kripto). 

Anda boleh khawtiir uang anda dibawa lari pemilik bank atau digerogoti pegawai bank. Uang kripto tak ada campur tangan dengan seseorang. Sehingga mustahil dibawa lari atau digerogoti pelan-pelan. Semua data serba terbuka dan diawasi banyak orang, tetapi juga sangat pribadi saat transaksi.. Tak akan ada orang yang bisa melarang kripto atau membawa uang lari uang anda.Hanya, jika anda lupa password anda, bisa jadi aset anda hilang seketika. Itu kelemahannya. 

Jenis Kripto

Sama dengan uang kertas ( fiat), di berbagai negara memiliki namanya yang diberikan oleh negara, uang kripto juga memiliki nama yang diberikan oleh penciptanya pertamakali. 

Ada banyak jenis kripto.  Uang kripto yang paling populer adalah Bitcoin.  Pencipta Bitcoin, Satoshi Nakamoto, membuat dokumen 9 halaman pada tahun 2008. Ia menjelaskan tentang sistem pembayaran elektronik peer-to-peer baru yang disebut Bitcoin.  Satoshi kemudian memulai server Bitcoin pertama pada tahun 2009. Sejak saat itu terjadi revolusi pada sistem keuangan dunia baru melalui Crypto Currency. 

Sampai sekarang, masih misterius siapa Satoshi Nakamoto itu.  Bisa jadi, ia orang Jepang, atau dari negara mana saja. Bisa pula ia pria, wanita, atau sekelompok orang, atau bahkan alien dari luar angkasa.  Inilah yang membuat dunia kripto menarikl. Ada sisi misteri karena identitas sang pencipta tidak diperlukan untuk mengeksekusi sebuah ide.  

Tetapi siapapun Satoshi Nakamoto ini, dia adalah seorang jenius di era sekarang. Karyanya tak hanya dikenang tapi dimanfaatkan untuk sesuatu yang luar biasa. 

Sejak kemunculan Bitcoin, ada 15,000 jenis kripto lain yang memiliki tujuan berbeda dan memberikan solusi berbeda.  Beberapa kripto lebih pribadi daripada yang lain, lebih cepat , lebih dapat diprogram daripada yang lain dan banyak manfaat lain. 

Memulai Investasi Kripto

Untuk memulai investasi di kripto, minimal anda bisa memprsiapkan uang minimal Rp 15,000 atau  Rp 5 juta atau ratusan juta. Tergantung uang lebih yang anda miliki. 

Anda kemudian mengunduh aplikasi exchange atau semacam aplikasi Bursa Kripto yang memungkinkan anda melakukan trading membeli dan menjual berbagai jenis mata uang kripto. 

Anda akan diminta mengisi data anda, termasuk KTP/Passport, selfie dengan KTP, memiliki email serta nomor ponsel. Ada bebrapa exchange yang bisa langsung terdaftar, ada juga yang memerlukan waktu verifikasi selam 1×24 jam. 

Beberapa exchange antara lain Indodax, Tokokrypto, Pintu, Binance, Huobi, Gate.io, Coinbase, FTX, ByBit, BitBuy, dan ratusan nama bursa kripto lain. Di bursa ini anda bisa jual beli kritpo apapun dan bisa langsung menarik dana anda ke rekening anda di lokal seperti BCA, Mandiri,BRI,BNI, MayBank, Permata bahkan masuk ke iSaku, GoPay, OVO, Doku, Dana dan sebagainya. 

Jika anda segera memulai, anda tidak akan terlambat, namun juga jangan terburu-buru investasi di kripto. Sebaiknya pelajari dulu pola perdagangannya, sesudah itu barulah masuk kripto dan untung.

BACA JUGA

Memahami Bank dan Dunia Kripto Sebelum Masuk Uang Digital

About Mas Soegeng

Wartawan, Penulis, Petani, Kurator Bisnis. Karya : Cinta Putih, Si Doel Anak Sekolahan, Kereta Api Melayani Pelanggan, Piala Mitra. Seorang Crypto Enthusiast yang banyak menulis, mengamati cryptocurrency, NFT dan Metaverse, selain seorang Trader.