Brigadir Ricky Rizal Tersangka Kedua Kasus Brigadir J

Seide.id – Brigadir Ricky Rizal atau Brigadir RR, menjadi tersangka kedua yang telah ditetapkan Bareskrim sebagai pelaku dalam kasus pembunuhan Josua Nofryansah Hutabarat atau Brigadir J.

Penetapan Brigadir RR dilakukan setelah pihak penyidik melakukan pemeriksaan yaitu oleh Tim Khusus besutan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Ditetapkannya Brigadir RR sebagai tersangka baru disampaikan oleh Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi.

Semula Andi mengungkap bahwa RR sudah ditahan di Bareskrim Polri.

“Sudah ditahan di Bareskrim,” kata Andi Minggu (7/8/2022).

Andi kemudian mengatakan bahwa Brigadir Ricky Rizal sudah ditetapkan menjadi tersangka baru kasus Brigadir J seiring dengan penahanan tersebut.

“Namanya sudah ditahan, pasti sudah tersangka,” katanya.

Brigadir RR telah ditahan dan ditetapkan sebagai tersangka baru kasus Brigadir J dengan sangkaan Pasal 340 KUHP. Pasal 340 KUHP itu memuat tentang Pembunuhan Berencana.

Ada pun bunyi Pasal 340 KUHP:

Barang siapa dengan sengaja dan dengan rencana terlebih dahulu merampas nyawa orang lain, diancam karena pembunuhan dengan rencana, dengan pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau selama waktu tertentu, paling lama dua puluh tahun.

“(RR disangkakan) dengan Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP,” kata Andi yang juga Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri itu.

Penahanan terhadapnya, kata Andi, terhitung mulai hari Minggu (7/8/2022). Kini Brigadir Ricky Rizal tengah ditahan di Rutan Bareskrim Polri.

Pernah Diperiksa Komnas HAM

Brigadir RR adalah sosok yang bersembunyi di balik kulkas ketika bergulir pengakuan terjadi baku tembak.

Tersangka baru ini pernah diperiksa Komnas HAM. Ia mengaku mendengar teriakan CP, istri Ferdy Sambo.

“Iya menurut dia, itu kan keterangan satu pihak, dia mendengar teriakan, kita nggak bisa begitu saja menerima kita harus cross check lagi dengan bukti-bukti lain,” kata Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik (8/8/2022).

Namun, baik Brigadir RR maupun Bharada E tidak mengetahui penyebab istri Ferdy Sambo berteriak.

“Ya nggak tahu dia bilang, makanya soal peristiwa pelecehan seksual itu, itu yang bisa memberikan keterangan hanya Bu P, Joshua sudah meninggal. Bharada E dan Ricky dia hanya mendengar teriakan, dia tidak tahu mengapa terjadi teriakan itu,” katanya.

Seperti diketahui, Bharada E alias Richard Eliezer adalah sopir Ferdy Sambo. Bharada E telah lebih dahulu ditetapkan sebagai tersangka.

Sementara Brigadir RR alias Ricky Rizal adalah ajudan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawati. Ia kini menjadi tersangka kedua setelah Bharada E.
(ricke senduk)

Bharada E Penembak Pertama Terhadap Brigadir J

Bharada E Ungkap Dirinya Hanya Menjalankan Skenario

Bharada E Diperintahkan Untuk Membunuh

Avatar photo

About Ricke Senduk

Jurnalis, Penulis, tinggal di Jakarta Selatan