Gunter Holtorf dan Peta Jakarta

Seide.id -Sejak tahun 1977, setiap Ulang Tahun Jakarta, mau-tak-mau,… aku teringat Pak Gunter Holtorf.

Gunter Holtorf adalah ekspatriat dari maskapai Lufthansa yang ditempatkan di Jakarta.

Awalnya, jika setiap kali mengajak teman-temannya ke-Jakarta, mengarahkan teman-teman ke-tempat tinggalnya atau mengajak teman-teman sebangsanya berkeliling kota, pak Gunter selalu menemui kesulitan mencari alamat.

Lalu dia berinisiatif membuat orat-oretan peta tentang alamat, sebagai petunjuk untuk memudahkan mencari atau menuju tempat tinggalnya. Sedikit-sedikit orat-oretan peta itu berkembang, tak sekadar petunjuk untuk mencapai rumahnya. Tapi juga tentang lokasi kuliner atau tempat-tempat yang direkomendasikannya untuk dikunjungi.

Teman-temannya senang dan sangat merasa terbantu. Bahkan ada yang berkomentar: “Kayaknya ketelitian dan daya ingatmu luarbiasa. Ancer-ancer yang kau buat ini, hampir tak ada yang meleset. Cocok banget nih, kalok orat-oretan ini ditekuni dengan serius”

Lalu, dia mendatangi balaikota Jakarta. Tapi boro-boro memperoleh bahan-bahan cukup. Pak Gunter cuma disodori peta (foto udara?) yang sudah lamaaa banget (entah dibuat tahun berapa) tentang Ibukota Negara ini.

Akhirnya, hari-hari libur bukannya bersantai-santai,… eeh justru digunakan oleh pak Gunter untuk menyusuri kota Jakarta, yang menurut ekspatriat lain, seorang bapak bernama Kent Patern, warga negara Kanada yang mengikuti istrinya bertugas di Jakarta: “Hampir setiap hari ada yang berubah”.

Setelah 4x gonta-ganti mobil Kijang dan ‘menghabiskan’ belasan pasang sepatu untuk menyusuri jalan protokol, jalan-jalan utama, jalan-jalan kecil, ke-luar masuk gang, ke-luar masuk kampung. Blusukan.

Pada tahun 1977, peta itu rampung. Langsung dihadiahkannya kepada Ali Sadikin tepat pada ulang tahun Jakarta ke-450!

Selamat ulang tahun ke-496, pak Gunter, .. eh Jakarta. Semoga warganya tetap sehat, seger, waras,…jasmani -dan terutama- rohani…


Ilustrasi: Karikatur di atas aku buat sekitar 25an tahun lalu, dengan media pensil warna di atas kertas…

(Aries Tanjung)

https://seide.id/iie-sumirat/