Kepolisian Bentuk Tim Khusus Selidiki Konvoi Khilafatul Muslimin

Seide.id– Pihak kepolisian telah membentuk tim khusus untuk menyelidiki konvoi sepeda motor yang dilakukan organisasi Khilafatul Muslimin.

Konvoi itu diketahui membawa atribut tentang khilafah dan peserta konvoi itu turut membagikan selebaran saat melintas di Jalan Raya Bogor, Kramat Jati, Jakarta Timur

Pembentukan tim khusus itu dijelaskan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Endra Zulpan.

“Polda Metro Jaya atas perintah Bapak Kapolda telah membentuk tim khusus terkait dengan kasus ini dan saat ini tim telah melakukan penyelidikan terkait dengan kegiatan tersebut yang dilakukan oleh kelompok Khilafatul Muslimin,” ujar Zulpan kepada wartawan, Kamis, 2 Juni 2022.

Zulpan menjelaskan timnya telah memiliki data anggota yang mengikuti konvoi tersebut. Selanjutnya ditegaskan bahwa pihaknya akan memproses secara hukum apabila terdapat unsur pidana dalam kegiatan konvoi organisasi Khilafatul Muslimin.

Dikatakan, bahwa upaya mengganti ideologi Pancasila menjadi khilafah melanggar UU I945. Bagi siapapun yang memprovokasi atau mengajak masyarakat dalam gerakan tersebut akan dikenakan pidana.

“Apabila ditemukan adanya nanti unsur pidana dalam kegiatan ini tentu kami akan melakukan penegakan hukum secara tegas. Kemudian bisa disampaikan juga bahwa fakta yang kami temukan terkait khilafatul muslimin ini jelas melakukan pelanggaran terhadap Undang-Undang Dasar 1945,” tegasnya.

Menurut penjelasan Zulpan, kegiatan tersebut bukan hanya sekedar konvoi. Namun diduga ada kata-kata dalam tulisan yang membangkitkan kebencian kepada pemerintah.

“Kalo kami lihat dari video viral yang beredar mereka juga mengajak masyarakat terkait khilafah untuk bergabung dan ada kata-kata yang mereka buat dalam tulisan dikonvoi itu yang membangkitkan kebencian kepada pemerintah sah,” tutur Zulpan.

Viral di media sosial

Sebelumnya, video konvoi itu viral di media sosial pada Minggu, 29 Mei 2022. Dalam tayangan video tersebut tampak pengendara motor membawa atribut poster hingga bendera bertuliskan Khilafatul Muslimin Wilayah Jakarta Raya Sambut Kebangkitan Khilafah Islamiyah.
(ricke senduk)

Presiden Joko Widodo Pimpin Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila 2022

About Ricke Senduk

Jurnalis, Penulis, tinggal di Jakarta Selatan