Memaknai Kata ‘Berduaan’ pada Adegan Putri Sambo dan Brigadir Yosua

Brigadir Joshua - Putri Chandrawathi

Sejak awal, publik memang sangat meragukan peristiwa tersebut. Sebab, bagaimana mungkin seorang polisi rendahan berpangkat Brigadir nekad melecehkan istri boss besarnya di kamar tidur rumah dinas yang selalu dijaga polisi sekaligus diawasi CCTV.

AKHIRNYA Polri resmi menetapkan istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, sebagai tersangka dalam kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. Putri dijerat dengan pasal pembunuhan berencana.

“Jadi pasal yang kami persangkakan terhadap saudari PC Pasal 340 subsider 338 junctoPasal 55 Pasal 56 KUHP,” ujar Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri, Brigjen Andi Rian Djaja di dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (19/8/2022).

Isi Pasal 340 KUHP: “Barang siapa dengan sengaja dan dengan rencana terlebih dahulu merampas nyawa orang lain, diancam karena pembunuhan dengan rencana, dengan pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau selama waktu tertentu, paling lama dua puluh tahun.”

Sementara itu, isi Pasal 338 KUHP : “Barang siapa dengan sengaja merampasn yawa orang lain, diancam karena pembunuhan dengan pidana penjara paling lama lima belas tahun.”

Sebelumnya, Tim Khusus Mabes Polritelah menetapkan empat tersangka. Mereka adalah Irjen Ferdy Sambo, Bharada Richard Eliezer atau Bharada E, Bripka Ricky Rizal, dan seorang ART Sambo bernama Kuat Ma’ruf.

Menurut polisi, Putri terlibat perencanaan pembunuhan terhadap Yosua di rumah dinas Ferdy Sambo di Duren Tiga, Jakarta Selatan, Jumat (8/7/2022). “PC ada di lokasi sejak di Saguling sampai dengan di Duren Tiga dan melakukan kegiatan-kegiatan yang menjadi bagian dari perencanaan pembunuhan terhadap Brigadir Yosua,” kata Andi Rian.

Motif Pembunuhan

Meskipun Putri sudah menjadi tersangka, namun publik masih penasaran tentang motif pembunuhan tersebut. Sebelumnya, polisi menyebutkan, pembunuhan Yosua oleh mantan Irjen Pol Ferdy Sambo dipicu peristiwa yang terjadi di Magelang, Jawa Tengah di pekan pertama bulanJuli 2022. Menurut Sambo, peristiwa di Magelangitulah yang “melukaiharkat dan martabat” keluarganya.

Lalu apa kata polisi tentang peristiwa Magelang? Polisi mengemukakan, saat di rumah pribadi Sambo di Magelang, Kuat Ma’rufmemergoki Putri dan Yosua sedang “berduaan” yang dianggapnya tidak pantas. Bahkan, Kuat yang tak lain sopir pribadi dan asisten rumah tangga keluarga Sambo, dua kali memergoki mereka berduaan. Yang pertama di sofa dan yang kedua di kamar tidur.

Sebelum muncul peristiwa di Magelang, Putri sempat mengaku mendapat pelecehan (sekaligus ditodong) oleh Yosua di rumahpribadi Sambo di Duren Tiga, Jakarta Selatan. Sambo pun mengaku, laporan istrinya itulah yang membuatnya gelap mata sehingga mengeksekusi anak buahnya.

Belakangan polisi mengabaikan laporan tersebut karena tidak menemukan adanya bukti pelecehan atau penodongan di Duren Tiga. Sejak awal, publik memang sangat meragukan peristiwa tersebut. Sebab, bagaimana mungkin seorang polisi rendahan berpangkat Brigadir nekad melecehkan istri boss besarnya di kamar tidur rumah dinas yang selalu dijaga polisi sekaligus diawasi CCTV.

Selanjutnya, Membohongi kuasa hukum

Avatar photo

About Syah Sabur

Penulis, Editor, Penulis Terbaik Halaman 1 Suara Pembaruan (1997), Penulis Terbaik Lomba Kritik Film Jakart media Syndication (1995), Penulis berbagai Buku dan Biografi