Membaca Majalah ‘Jakarta Jakarta’ Edisi November 1996

Majalah JJ November 1996

Majalah Jakarta Jakarta dengan semboyan panas gambarnya, hangat beritanya, terbitan November 1996 – 26 tahun silam  – menampilkan gadis sampul, model pendatang baru asal Bandung bernama Uki Prayuki. Berita tentang Zarima Mirasfur, wajah baru Ida Iasha, dan penyanyi Alanis Morissette yang memborong sejumlah Grammy menjadi berita di edisi ini.

Seide.id. –Uki Prayuki, penghias sampul JJ kali ini, merupakan finalis cover girl majalah Mode tahun 1991. Uki model cantik berdarah Padang mempunyai tatap mata yang sangat khas. Sorot matanya adalah panduan antara kepasrahan yang masih menyisakan sepercik harapan.

Saat difoto untuk sampul “JJ” dia masih mahasiswi Arsitektur di Institut Teknologi Nasional (ITENAS, Bandung). Uki menjadi model pendukung videoklip Doel Sumbang dalam lagu yang berjudul Laut.

Jakarta Jakarta edisi November menghadirkan laporan hangat  penangkapan Si Ratu Extasy, Zarima Mirafsur, 26 tahun di Houston,  Amerika Serikat. Zarina menjadi buronan Kepolisian Republik Indonesia sejak melarikan diri 8 Agustus 1996 dari rumahnya di Perumahan Taman Alfa Indah, Joglo Kebun Jeruk, Jakarta Barat.

Zarina ditangkap 4 November 1996 oleh petugas Imigrasi Houston, Amerika Serikat karena perlanggaran Imigrasi. Penangkapan Zarina mengakhiri petualangannya selama 89 hari raib dari tanah air.

Sementara itu, Perfilman Indonesia kedatangan bintang baru Indo jelita bernama Ida Iasha. Berdarah campuran Belanda, nama lengkapnya Ida Albertina Van Schtelan Van Dehaere.  Memulai debutnya di layar perak atas ajakan sutradara dan aktor senior Slamet Rahardjo,  untuk film Kodrat di tahun 1986, dengan paras  Indo-nya diprediksi sebagai potret masa depan film tanah air.

Ida Iasha, model jelita berdarah Belanda yang juga sukses di film dan sinetron

Saat diekspose Jakarta Jakarta, Ida Iasha sedang syuting drama sinetron Kembang Setaman bersama aktor ganteng Ferry Salim dan mengambil lokasi syuting di Lapangan Tiananmen di jantung kota Beijing ibukota RRC – Republik Rakyat Cina.

Soraya Haque, peragawati papan atas  beserta beberapa anggota keluarga besar Haque berkumpul di RS Jantung Harapan Kita, Jakarta karena ayahanda tercinta sedang diopname di rumah sakit tersebut. Tiga kakak beradik Marissa Haque, Soraya Haque dan Shahnaz Haque beserta keluarga reunian di rumah sakit.

Menurut Aya, istri dari musisi Ekky Soekarno itu, keluarganya jarang bertemu muka karena kesibukan masing-masing, paling hanya saling berkirim kabar melalui telepon. Tetapi setelah kakaknya bintang film Marissa Haque dan suaminya, Ikang Fawzi memiliki sebuah cafe yang bernama “Music Cafe” di bilangan Bintaro, akhirnya mereka bisa berkumpul dan ber-rendezvous di kafe tersebut.

Penyanyi dan model Maya Rumantir yang namanya populer era tahun 1980-90an membuat surprise bagi masyarakat Kepulauan Banda, Maluku. Tak diduga Maya ikut muncul dari pesawat yang membawa rombongan Panglima Kodam Trikora Mayjen TNI Johny Lumintang yang akan membuka Lomba Dayung Tradisional Kora-kora. Maya Rumantir penyanyi cantik yang berlesung pipi ini bepergian ke berbagai pelosok Nusantara untuk mengkoordinir para pemuda dan pemudi Indonesia yang berprestasi untuk ditampilkan di layar televisi yang dinamakan Pandu Prestasi.

Artis senior Grace Simon yang pernah sohor tahun 70-an sedang menyelesaikan sebuah rekaman dan main untuk sebuah sinetron televisi. Grace Simon menginap beberapa malam di sebuah hotel pinggiran Kota Ambon dan melakukan wisata bahari dengan menggunakan speed boat yang bergerak dari Dermaga Hariu, Saparua menuju Tulehu, Ambon di Provinsi Maluku.

Dari negeri Inggris, rahasia pribadi Sarah Ferguson dibongkar sahabatnya sendiri termasuk obsesinya menjadi US First Lady dengan mengawini John F Kennedy Jr. Buku yang berjudul Fergie, Her Secret Life yang ditulis oleh Allan Starkie secara gamblang membeberkan seputar obsesi-obsesi gila Sarah Ferguson penghuni Istana Buckingham ini.

Sarah Ferguson konon pernah melakukan affair dengan John Bryan, seorang konsultan finansial asal Amerika Serikat.

Dari Hollywood, bintang sexy Pamela Anderson akhirnya menggugat cerai suaminya yang urakan yaitu Tommy Lee, drummer kelompok musik cadas Motley Crue. Meskipun telah memiliki bayi yang bernama Brandon ini, pasangan ini selalu berbuat heboh. Pesta perkawinannya dirayakan ala anak pantai. Pamela hanya tampil mengenakan bikini dalam upacara yang berlangsung di tepi laut. Majalah Arena menyebutkan bahwa Pamela Anderson terlibat dengan benda haram Ectasy

Penyanyi tenar Alanis Morissette memborong Grammy Award, berbagai kategori diraihnya seperti Album Terbaik Tahun Ini Album Rock Terbaik,  Lagu Rock Terbaik dan Penyanyi Rock Wanita Terbaik di tahun 1996. Debut albumnya yang berjudul Jagged Little Pill terjual hingga 20 juta copy di seluruh dunia.

Alanis Morissette meraih sukses berkat gemblengan seorang Diva, yaitu Madonna. Dikabarkan di JJ, Morissette akan mengadakan tour di Indonesia yang mengambil judul Can’t Not Tour 1996 pada 1 Desember 1996 yang akan manggung di Plenary Hall Jakarta Convention Center.

Semoga dengan mengulas kembali majalah Jakarta Jakarta terbitan November 1996, bisa kembali mengingat Nama & Peristiwa dan Seribu Wajah yang menghiasi media cetak era tahun 1990-an.

Salam Seide,

Kin Sanubary

Avatar photo

About Kin Sanubary

Kolektor & Dokumentator Media Cetak Lawas, mengoleksi 3,000 lebih eksemplar surat kabar dan majalah yang diterbitkan oleh 300 perusahaan media sejak 1958, tinggal di Subang Jawa Barat