Rahasia Amazon Mendunia

Rahasia Amazon Mendunia

Kunci sukses Amazon sebagai e-commerce dunia terletak pada jaringan pengiriman tepat waktu dan personalisasi serta kekuatan periklanan.

Amazon tak sekedar toko atau supermall atau marketplace. Amazon adalah sebuah gagasan brilian yang diujudkan dalam pelayanan prima serta periklanan terpadu. Pada tahun 2023, Amazon telah mencapai tonggak bersejarah, melampaui raksasa industri seperti UPS dan FedEx untuk menjadi posisi teratas dalam bisnis pengiriman di AS.

Sukses ini didukung investasi selama 10 tahun sebesar Rp 1,500 triliun oleh sang pendiri dan pemegang saham terbesar Jeff Bezos. Jeff juga berhasul mengubah strategis dalam bisnis jaringan pengiriman independen sebagai pengecer online terbesara dunia dan menegakkan e-commerce yang sesungguhnya, yakni pengiriman yang terpadu dan tepat waktu. 

The Wall Street Journal melaporkan bahwa Amazon berhasil mengirim sebanyak 5,9 ,miliar paket pada tahun 2023 ini yang melampaui bisnis manapun.

Amazon, menurut media itu juga meskipun beroperasi dengan efisiensi yang tak tertandingi, kekhawatiran muncul mengenai perubahan struktur insentif, yang berdampak pada hubungan pelanggan. Operator tradisional, yang dikenal membangun koneksi jangka panjang dengan pelanggan, mungkin sangat kontras dengan pendekatan transaksional Amazon, yang menekankan kecepatan dan efisiensi biaya dibandingkan interaksi yang dipersonalisasi. 

Terlepas dari pertimbangan-pertimbangan ini, layanan pengiriman Amazon menjadi bukti komitmen perusahaan terhadap inovasi, membentuk kembali dinamika lanskap e-commerce dan menegaskan dominasinya dalam industri ini.

Amazon Adalah e-Commerce

Hari Perdana Amazon tahun 2023 telah menandai pencapaian bersejarah sebagai acara terbesar dan tersukses dalam sejarahnya, yang menunjukkan kekuatan Amazon di sektor e-commerce. 

Meskipun ada tantangan ekonomi seperti suku bunga tinggi dan inflasi, ekstravaganza penjualan selama dua hari ini menyaksikan kegilaan belanja global, dengan pelanggan di seluruh dunia membeli 375 juta item. Hari pertama saja Amazon telah memecahkan rekor, menjadi hari penjualan terbesar Amazon. Para member Amazon menikmati penghematan besar, melebihi Rp 37,5 triliun. Acara ini berkontribusi terhadap peningkatan belanja online AS sebesar 6,1%, mencapai Rp 190,5 triliun yang mengesankan.

Tren utama dari Prime Day 2023 kali ini adalah cara populer yang disebut “Beli Sekarang Bayar Nanti” di Amazon, yang menyumbang 6,6% dari total pesanan, meningkat sebesar 21% dari tahun sebelumnya. Keberhasilan Amazon dengan penawaran yang dipersonalisasi dan optimalisasi belanja seluler memainkan peran penting dalam meningkatkan pengalaman berbelanja secara keseluruhan. 

Kemenangan Prime Day 2023 tidak hanya memperkuat nilai luar biasa dari keanggotaan Amazon Prime, tetapi juga merupakan bukti komitmen perusahaan terhadap perubahan preferensi konsumen. Saat raksasa ritel tersebut mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para pendukungnya, perhatian kini beralih ke spekulasi seputar potensi keberhasilan Amazon Prime Day 2024 dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi yang semakin besar.

Inovasi Periklanan

Dalam acara tahunan, Amazon’s unBoxed kali ini memamerkan kesuksesan dan inovasi berkelanjutan raksasa e-commerce tersebut dalam periklanan. Ribuan profesional periklanan berkumpul untuk menyaksikan para pemimpin industri berbagi wawasan, mengungkap pengumuman produk, dan fitur-fitur terobosan yang menentukan masa depan ritel dan e-commerce.

Kolaborasi Tinuiti dengan TOMS dan The Honest Company merupakan efektivitas Amazon dalam mendorong hasil senbuah merek. Penggunaan strategis materi iklan Streaming TV (STV) Amazon, ditambah dengan pendekatan inovatif seperti pengenalan Amazon Marketing Cloud (AMC) untuk pengiriman pesan yang dipersonalisasi, menjadi keberhasilan Amazon untuk tetap menjadi yang terdepan dalam lanskap teknologi periklanan yang kompetitif. Acara ini memperkuat posisi Amazon sebagai kekuatan transformatif, menunjukkan keberhasilan dan pengaruhnya dalam membentuk masa depan periklanan digital dan e-commerce.

Dengan posisi seperti ini, Amazon tampaknya sulit ditandingi. Setidaknya untuk 5 tahun ke depan.

 AI Misterius Bernama Q*

MetaMask Dompet Kripto Pintar Dengan Pengaman Rangkap

Booming Masakan Jamur Para Koki

Avatar photo

About Mas Soegeng

Wartawan, Penulis, Petani, Kurator Bisnis. Karya : Cinta Putih, Si Doel Anak Sekolahan, Kereta Api Melayani Pelanggan, Piala Mitra. Seorang Crypto Enthusiast yang banyak menulis, mengamati cryptocurrency, NFT dan Metaverse, selain seorang Trader.