Subsidi BBM: Tidak Punya Aplikasi MyPertamina, Jangan Panik

Seide.id – Tidak punya telpon genggam atau tidak punya aplikasi MyPertamina untuk beli BBM Pertalite atau Solar bersubsidi?

Jangan panik. BBM bersubsidi tetap bisa dibeli tanpa mengunduh aplikasi tapi dengan mendaftar lewat website mypertamina.

Perlu diketahui, untuk kendaraan roda dua tidak perlu mengunduh aplilkasi atau mendaftar. Peraturan ini hanya berlaku untuk kendaraan roda empat.

“Kami juga tegaskan kembali, tidak wajib memiliki aplikasi MyPertamina, namun wajib mendaftar di website subsiditepat.mypertamina.id , dan ini khusus untuk kendaraan roda empat,” kata Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting dalam konferensi virtual, Kamis (30/6/2022).

Ada pun tujuan penggunaan aplikasi atau pendaftaran di website yaitu agar penyaluran BBM subsidi bisa lebih tepat sasaran. Atau untuk melindungi konsumen yang berhak, dari konsumen lainnya yang tidak berhak.

Hal itu sesuai Perpres No.191 Tahun 2014 dan ketentuan BPH Migas RI No. 04/P3JBT/BPH Migas/KOM/2020 yang menyatakan bahwa Pertamina diwajibkan menyalurkan tepat sasaran kepada konsumen.

Cara mendaftar

Siapkan dokumen : KTP, STNK, Foto Kendaraan, dan dokumen pendukung lain.

Buka situs website : subsiditepat.mypertamina.id

Centang informasi memahami persyaratan

Klik daftar sekarang dan ikuti instruksi.

Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran di situs web secara berkala

Apabila sudah terkonfirmasi, unduh (download) kode QR dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina

Jika terkendala

Saat ini, akses website sangat padat. Jika pendaftaran terkendala, bisa dicoba kembali.

Hal tersebut dijelaskan oleh akun resmi mypertamina di Instagram, Minggu (3 /7)

“Hai, Sobat. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Saat ini sedang terjadi kepadatan akses pada web subsiditepat.mypertamina.id . Kami sarankan untuk mencoba secara berkala. Silakan cek tautan berikut. bit.ly/3bMqUtW untuk detail informasinya. Terima kasih tetap setia menggunakan aplikasi MyPertamina. Terima kasih, ” jelas akun mypertamina.
(ricke senduk)

Sebelumnya : Aplikasi MyPertamina – Subsidi BBM, Tapi Awas Palsu

Avatar photo

About Ricke Senduk

Jurnalis, Penulis, tinggal di Jakarta Selatan