Yudo Margono Gantikan Andika Sebagai Panglima TNI

Seide.idPresiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Istana Negara, Senin (19/12/2022).

Sebelumnya, Laksamana Yudo Margono telah disetujui oleh Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang akan memasuki masa purnatugas.

Pelantikan Yudo Margono dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 91/TNI Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI yang dibacakan Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan.

Usai pembacaan Surat Keputusan tersebut dilakukan pengambilan sumpah jabatan oleh Presiden Joko Widodo.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundangan dengan selurus-lurusnya. Demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” demikian Yudo mengucapkan sumpah dan janji.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab, bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” lanjut Yudo.

Hadir pada pelantikan tersebut
sejumlah pejabat negara, antara lain Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo, Jenderal Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman.

Turut hadir juga Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Ketua DPR RI Puan Maharani, dan Ketua Dewan Pengarah Badan Penguatan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri.

Resmi menjadi Panglima TNI

Dengan pelantikan ini, maka Yudo Margono resmi menjadi Panglima TNI menggantikan, Jenderal Andika Perkasa.

Kini, Yudo Margono merupakan Panglima TNI yang berasal dari matra laut. Sebelum menjadi panglima, ia menjabat Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL).

Lahir di Madiun, Jawa Timur pada 26 November 1965, dari orangtua petani, Yudo merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) ke-33 pada 1988.
(ricke senduk)

Di Balik Panglima TNI Andika Perkasa, Ada Istri Perkasa, Diah Erwiany

Avatar photo

About Ricke Senduk

Jurnalis, Penulis, tinggal di Jakarta Selatan