Investor Kripto Kripto AS Putus Asa

Investor Kripto Kripto AS Putus Asa

Investor kripto diambang keraguan. Tak ada pergerakan to the mooon selama tahun 2022. Itu sebabnya, 46% investor AS nyaris putus ada meliohat kripto tidak sseperti yang mereka harapkan.

Setahun ini, aset kripto sedang diuji kehandalannya. Sebulan terakhir ini saja, banyak yang bertanya; apa yang sebaiknya saya lakukan dengan aset kripto saya yang tampaknya sedang jatuh semua ini. 

Adopsi asest kripto memang baru terjadi dibanding emas atau saham atau dollar dan mata uang fiat lain. Volatilitas akan terjadi. Tetapi sejarah q3 tahun cryptocurrency telah menunjukkan; bahwa BAitcoin yang pernah tak ada nilainya dalam perjalanan, bisa bangkit  kembali. Maka jawaban terbaik yang diberikan adalah, simpan atau juallah aset kripto sebanyak yang bisa anda relakan. 

16% Telah Investasi di Kripto

Kegelisahan orang Indonesia itu diam dan ramai di medsos. Namun mereka tidak sendirian jika berhadapan dengan gelombang haraga dan volatilitas nilai kripto.

Sebuah organisasi penelitian, Pew Research Centre Survey mencatat bahwa 46% orang Amerika yang telah berinvestasi dalam cryptocurrency mengatakan nasib aset kripto mereka lebih buruk dari yang diperkirakan. 

Dua peneliti, Michelle Faverio dan Navid Masarat mengambil sample dari gejolak di pasar cryptocurrency untuk memperoleh gambaran seberapa jauh tindakan masyarakat terhadap crptourrency mereka. 

Menurut survei Pusat Penelitian Pew yang baru, mempertontonkan bahwa  16% orang Amerika mengatakan mereka telah berinvestasi menggunakan cryptocurrency. Sebanyak 46% mengatakan investasi mereka lebih buruk dari yang diharapkan, sementara 15% dari orang Amerika ini mengatakan investasi mereka telah melakukan lebih baik daripada yang mereka harapkan.

Ini artinya setiap investor memiliki pengalaman berbeda dan implementasi darai pemahaman yang berbeda soal cryptyocurrency. 

Perlunya Memahami Trading Kripto

Saya belum pernah membuaat riset, tapi selama 6 bulan ini bertemu dengan para investor kripto, ada yang menarik untuk dijelaskan. Bahwa mereka yanag apatis dan putus ada terhadap kripto, itu dikarenakan mereka adalah pemain kripto jangka pendek namun tidak memahami bagaimana cryptocurreny bekerja. 

Sementara yang sudah paham perdagangan, mereka tetap aktif dengan memanfaatkan perdagangan shsort selling untuk memperoleh hasil. Orang-orang yang memahmi perdagangan kripto, akan tetap untuk meski harga kripto naik atau turun. 

Banyak aplikasi untuk perdagangan kripto yang memberi akses dan kemudahaan dalam trading kripto. 

Namun investor jangka panjang dan tidak terlalu khawatir harga akan naik atau turun, cenderung membiarkan aset kripto berproses apapun yang terjadi. Mereka siap portfolio mereka turun, merosot nilainya, hilang atau naik sampai ke puncak tertinggi sepanjang masa ( All Time High). 

Nilai Kripto di Pikiran Investor

Melihat hasil angka-angka penelitian Pew Research Center ini sepertinya investor Amerika mulai putus asa terhadap aset kripto. Terlebih dipicu isu inflasi di Amerika dalam sebnulan terakhir ini. 

Survei, yang dilakukan 5-17 Juli 2022, menunjukkan bahwa pangsa sekitar tiga perempat orang Amerika yang telah berinvestasi dalam cryptocurrency adalah cara menghasilkan uang yang mereka pikir lebih mudah dari yang invetasi lain.  Selengkapnya bisa dibaca di sini : https://www.pewresearch.org/fact-tank/2022/08/23/46-of-americans-who-have-invested-in-cryptocurrency-say-its-done-worse-than-expected/

Perlu dicatat, bahwa nyaris semua aset kripto menjadi tidak berharga, ketika para investor menjadikannya tidak berharaga. Sementara meraeka yang masih menjadi hodler kripto beranggapan bahwa aset kirpto memiliki nilai yang membuat mereka bisa berharap memperoleh keuntungan besar.

Letak nilai aset kripto, apa boleh buat, ada di pikiran manusia dan cara memanfaatkan masing-masing penggunanya. 

BACAAN LAIN

Mencuri Kripto Raden Saleh

Ini Dompet Kripto Paling Aman

Ini Alasan Mengapa Anda Masih Layak Berharap Pada Aset Kripto

Avatar photo

About Mas Soegeng

Wartawan, Penulis, Petani, Kurator Bisnis. Karya : Cinta Putih, Si Doel Anak Sekolahan, Kereta Api Melayani Pelanggan, Piala Mitra. Seorang Crypto Enthusiast yang banyak menulis, mengamati cryptocurrency, NFT dan Metaverse, selain seorang Trader.