Ini Dompet Kripto Paling Aman

Dompet berbentuk fisik atau [erangkat. Foto : Cointribune

Salah satu yang menyebalkan dalam investasi di cryptocurrency adalah pencurian aset kripto. Apalagi peretas mencuri di dompet investor atau pengguna dompet kripto. Puluhan tahun terjadi dan sepertinya para pengusaha kripto acuh. Seperti sengaja membiarkan “teman” sesama keahlian di cryptocurrency menjarah milik invstor. Ini salah satu mengapa investor tak bergairah investasi di digital money ini. 

Dompet Solona yang cukup canggihpun, telah dirampok pencuri sebanyak 8,000 Sol. Dana invstor dalam bentuk NFT juga di rampok hacker di donpet Metamask yang harusnya aman. Tetapi tidak semua dompet aset kripto aman dari jarahan pencuri, merampok atau orang yang menggunakan kepandaian digital untuk membuat orang lain menderita.

Untuk mengenal dompet aset kripto mana yang aman, anda layak melihat ciri-cirinya sehingga dana anda aman dari peretasan. 

Ada 3 macam dompet kripto yang perlu dipahami dengan spesifikasinya masing-masing, dan resiko masing-masing: 

1.- Dompet Terpusat ( Bursa)

2.- Dompet Software ( Aplikasi)

3.- Dompet Hardware ( Fisik)

Semua dompet kripto, seharusnya dibuat untuk keamanan investornya. Tapi dalam pelaksanaannya, dompet kripto itu memiliki kelemahan dan risikonya. Berikut risikonya:

1.- Dompet Terpusat

Dompet ini ada di bursa saat anda membuka akun di bursa kripto. Pemilik bursa kripto mengendalikan ribuan hingga jutaan dompet semua investor di seluruh dunia. Anda memang bisa mengakses dan melakukan transaksi. Namun, jangan merasa aman. Pengelolaan dompet di kripto, dikendalikan oleh pemilik bursa. Mereka mengelola dompet investor termasuk transaksi, melakukan kontrol seluruh transaksi dan aktivitas investor untuk keamanannya. Namun sesungguhnya tidak aman benar. Sebab kontrol dan password ada di tangan mereka. 

Kalau sudah begini, benar pameo yang mengatakan, “ Not Yout keys, not your coins”. Jika anda tak memiliki hak tunggal dompet anda, tak punya kontrol atas aset-aset anda di dompet bursa ini, anda sebenarnya tidak memiliki koin dan token anda, alias sewaktu-waktu bisa tiba-tiba hilang Baik karena pencurian oleh peretas yang menguras dompet anda, maupun diblok oleh pihak bursa karena sesuatu hal.

Saya memiliki pengalaman buruk dengan bursa Hotbit. Bursa ini telah sengaja mengakali dompet saya, mungkin juga dompet anda, tiga bulan terakhir ini. Dompet bisa diakses, namun tidak bisa withdraw. Tak hanya menarik uang sendiri. Untuk memindahkan aset di bursa ini ke tempat bursa lain selalu gagal. Dalam kolom alamat ditutup dengan alamat historis, sehingga kita tak bisa menuliskan alamat baru untuk transfer ke tempat dompet di bursa lain. 

Coinbase juga pernah memblok 25,000 dompet yang berkaitan dengan Rusia. Coinbase telah sernaknya sendiri menonaktifkan akses para pemilik dompet itu, apapun kesalahan mereka. Harusnya bursa Coinbase meminta mereka memindahkan dana ke bursa lain, jika itu dianggap melanggar. Bukan memblok atau menutup akses pemilik dompet. Yang untung tentu saja pemilik bursa. 

Dompet sentral atau pusat yang letaknya ada di bursa, sangat berisiko dan tidak aman. Jika kita menaruh aset di bursa dan jika hilang, sudah seharusnya bursa bertanggungjawab dengan mengganti kerugian yang hilang, jika mereka tak mau kehilangan kepercayaan oleh investor. Saran saya, cari bursa yang memiliki garansi jika dana hilang.

2.- Dompet Software

Ini jenis dompet kripto cukup aman. Metamask jagonya dompet software atau aplikasi. Secara penuh didukung para ahli di software.  Anda memiliki kontrol dari kata rahasia dan kata kunci untuk keamanan dana di dompet anda. Itu sebabnya investor senang memilih dompet jenis ini untuk kegiatan investasi mereka. Dompet Software seperti ini lebih aman daripada dompet terpusat di bursa. Risikonya kecil. Artinya tetap saja bisa digerogoti dari luar. 

Resiko kehilangan, bisa terjadi jika dompet anda di software seperti Metamask, terkoneksi dengan pihak ketiga, yang bisa jadi membawa kode rahasia atau phising untuk menguras dompet pengguna . Terbukti Metamask sering memggunakan pihak ke tiga dan itu rawan. Metamask pernah beberapa kali kemasukan peretas yang menyimpan kode pancingan di dalam software saat update atau memasukkan software atau kode pihak ketiga. 

3.- Dompet Hardware atau Dompet Dingin

Dompet hardware, seperti namanya, memakai perangkat keras atau fisik atau juga ada yang berbentuk kertas. Bentuknya seperti USB atau donggel dan kertas. Dompet ini tidak terhubung langsung ke internet. Jika digunakan untuk transaksi, dompet baru tersambung ke internet setelah pengguna memasukkan PIN dan kata sandi, dengan gampang melakukan transaksi dengan aman di perangkatnya. 

Dompet hardware atau dikenal dengan Cold wallet ini adalah dompet terbaik dan teraman untuk transaksi kripto. Meski dompet model begini terkoneksi ke internet saat transaksi, tetap aman. Hingga saat ini belum ada keluhan atau bukti bahwa peretas bisa menembus dompet fisik seperti ini.

Ada beberapa merk terkenal dompet fisik ini. Di antaranya Ledger, Trezor, S’Cent, Coolwallet, KeepKey Wallet, SafePal dll. Selayaknya semua pemain kripto memiliki dompet fisik ini. Haraganya antara Rp 1 juta hingga Rp 5 juta. Tidak mahal untuk keamanan investasi anda. 

Di Indonesia sudah ada yang mampu membikin, namun izinnya tidak mudah. Saya bilang ke perakitnya, harus sabar menunggu. Kalau bisa diberi nilai lebih dibadning Ledger atau Trezor. Dia bilang bisa. Mungkin pada 2023 baru akan diperkenalkan ke publik tanahair. 

Kesimpulan

  • Tiap investor harus memiliki kontrol atas dompet yang berisi aset pribadi, termasuk kunci dan aksesnya.
  • Dompet Terpusat yang ada di bursa bisa hilang seketika karena pencurian oleh peretas atau kenakalan pihak bursa itu sendiri. Ingat: Not Your Keys Not Your Coins. Sehafrusnya pemilik bursa bertanggungjawab atas hilangnya dana investr yang di dalam bursa.
  • Dompet Software atau aplikasi cukup aman sepanjang tidak terhubung dengan pihak ketika yang dapat dengan curang memasukkan code atau phishing yang jika diklik, akan menyedot dana anda di dompet anda sendiri
  • Pilihlah dompet perangkat keras dimana anda menguasai kontrol atas dompet dan dana anda sendiri. Jangan karena harga, anda tak jadi membeli, risiko kehilangan semua dana anda bisa terjadi.

BACAAN LAIN:

Ini Alasan Mengapa Anda Masih Layak Berharap Pada Aset Kripto

Awas, Peretas Mulai Mencuri Dari Dompet yang Lama Tidak Aktif di Solana

Cara Mencari Dana dan Profit Cepat Melalui ICO

Avatar photo

About Mas Soegeng

Wartawan, Penulis, Petani, Kurator Bisnis. Karya : Cinta Putih, Si Doel Anak Sekolahan, Kereta Api Melayani Pelanggan, Piala Mitra. Seorang Crypto Enthusiast yang banyak menulis, mengamati cryptocurrency, NFT dan Metaverse, selain seorang Trader.