Arab Saudi Larang Siaran Langsung Shalat dari Masjidil Haram

Larangan mencakup penggunaan kamera di masjid-masjid untuk merekam para imam dan jamaah selama sholat, siaran langsung (streaming) shalat melalui semua jenis media. Organisasi dan donatur penyumbang buka puas juga wajib lapor . Foto. SPA.

Seie.id – Arab Saudi melalui Kementerian Urusan Islam, Dakwah dan Penyuluhan Kerajaan Arab Saudi, memutuskan tidak lagi menyiarkan shalat secara langsung di Masjidil Haram pada semua media.

Kementerian juga melarang penggunaan kamera di masjid-masjid untuk merekam para imam dan jamaah selama sholat. Mereka juga melarang dilakukan siarang langsung (streaming) shalat melalui semua jenis media.

Informasi ini disampaikan oleh kantor pers yang dikelola negara, Saudi Pers Agency ( SPA).

Langkah tersebut merupakan bagian dari serangkaian pedoman yang dikeluarkan oleh kementerian menjelang Bulan Suci Ramadhan.

Keputusan kementerian tersebut meliputi beberapa arahan untuk mempersiapkan masjid sebelum bulan suci Ramadhan.

Di antara arahan yang menuai sorotan ialah perlunya komitmen imam dan muazin untuk bekerja dan tidak absen selama Ramadhan.

Menurut Saudi Pers Agency, Kementerian Urusan Islam Arab Saudi tengah mengeluarkan instruksi dan arahan untuk mempersiapkan Masjidil Haram sebelum Ramadhan. Di antara instruksi tersebut adalah melarang penayangan siaran shalat di Masjidil Haram untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Selain itu, pelaksanaan Sholat Tarawih di Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah selama Ramadan tahun ini dipersingkat. Sholat sunah malam itu akan dipangkas menjadi 10 rakaat.

Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz pada Minggu (11/4/2021) dikabarkan telah menyetujuinya.

Kepala Kepresidenan Urusan Dua Masjid Suci, Syekh Abdurrahman as-Sudais mengatakan, keputusan untuk mempersingkat Sholat Tarawih sepenuhnya sesuai dengan protokol kesehatan untuk membendung wabah Covid-19. Pihaknya bersama instansi terkait lainnya akan terus memastikan keamanan jemaah saat beribadah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi selama Ramadan.

Untuk Ramadan tahun ini, kapasitas Masjidil Haram telah ditingkatkan untuk menampung hingga 50.000 jamaah umrah yang telah divaksinasi dan 100.000 jamaah lainnya.

Selanjutnya, Organisasi Penyumbang Wajib Lapor

About Admin SEIDE

Seide.id adalah web portal media yang menampilkan karya para jurnalis, kolumnis dan penulis senior. Redaksi Seide.id tunduk pada UU No. 40 / 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik (KEJ). Opini yang tersaji di Seide.id merupakan tanggung jawab masing masing penulis.