Kembang Sepatu raih Prabangkara Award 2022

Prabangkara Award 2022 adalah event berkala dari Institut Seni Indonesia Surakarta untuk memamerkan karya seni terbaik yang diciptakan oleh mahasiswa dari delapan prodi (Seni Murni, Kriya, Desain Mode Batik, Senjata Tradisional Keris, Fotografi, Film dan Televisi, Interior, dan Desain Komunikasi Visual) yang ada di FSRD ISI Surakarta.

Tema yang diusung kali ini adalah Miracle of Nusantara, dimana nilai-nilai dan spirit nuansa keberagaman yang dinamis dalam penciptaan karya seni menjadi inspirasinya.

Karya-karya yang diikutkan dalam gelaran pameran ini merupakan karya terbaik yang mewakili prodi masing-masing.

Selain itu, karya guru-guru Seni Budaya dari berbagai sekolah di Indonesia juga akan turut dipamerkan.

Dalam pergelaran kali ini, terdapat 70 karya seni guru Seni Budaya dari berbagai jenjang dan lokasi yang lolos kurasi, dimana 20 diantaranya masuk dalam kategori karya terbaik.

Lukisan dengan judul Gatot Kaca from Surakarta karya dari Kembang Sepatu yang sehari-harinya adalah seorang guru dari SMPK 7 Penabur Jakarta berhasil lolos kurasi dari team dewan juri yang terdiri dari: Dr.Sn. Syamsiar, S.Pd., M.Sn., Dr. Aries Budi Marwanto, S.Sn., M.Sn., Widhi Nugroho, S.Sn., M.Sn. , Agus Heru Setiawan, S.Sn., M.A., Ipung Kurniawan Yunianto, S.Sn., M.Sn. dan meraih sebagai karya terbaik untuk kategori guru seni budaya.

Gatot Kaca from Surakarta/Acrylic on Canvas/100x120cm/2022/Kembang Sepatu

Karya realsime dengan mengangkat isu-isu sosial ini dalam dunia kartun adalah sebagai editorial kartun, di mana setiap karya yang ditampilkan menggarap isu-isu sosial kebangsaan yang sedang terjadi dan mempunyai efek yang luas.

Karya dengan pendekatan seperti ini termasuk sebagai dokumentasi sejarah lewat karya seni rupa. Selain sebagai sebuah catatan tentu saja narasi yang ditampilkan adalah kebaikan untuk bangsa yang humanis.

Penyerahan Anugerah Prabangkara Award 2022 telah dilaksanakan di Galeri dan Museum FSRD Institut Seni Indonesia Surakarta pada tanggal 28 Novevmber 2022 yang dihadiri oleh mahasiswa, guru-guru seni budaya, dewan juri dan dosen terkait.

Keseluruhan acara Prabangkara Award antara lain pameran karya, Creative Sharing FSRD dan Sarasehan bersama praktisi seniman yang mengajar.

Jan Praba

 

SEIDE

About Admin SEIDE

Seide.id adalah web portal media yang menampilkan karya para jurnalis, kolumnis dan penulis senior. Redaksi Seide.id tunduk pada UU No. 40 / 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik (KEJ). Opini yang tersaji di Seide.id merupakan tanggung jawab masing masing penulis.