Menyimak Majalah ‘Gadis’ Edisi Juli 1981

Majalah Gadis edisi Juli 1981, yang terbit 42 tahun silam menampilkan Uci Bing Slamet sebagai sampul majalah.

PEMILIK nama lengkap Ratna Lucianna Bing Slamet ini dilahirkan di Jakarta 8 April 1963. Melesat namanya berkat lagu Bukit Berbunga karya Yonas Pareira yang meledak di pasaran dan menjadi salah satu lagu terpopuler era tahun 80-an. Lagu fenomenal Bukit Bunga tersebut selain melambungkan nama Uci Bing Slamet, juga penciptanya, Yonas Pareira

Selain Bukit Berbunga, Uci Bing Slamet juga sempat merilis album Di Ujung Pengharapan, Kau dan Aku.

Majalah Gadis memposisikan diri sebagai majalah remaja puteri. Terbit sejak 19 November 1973, Gadis merupakan ”anak” dari majalah Femina yang terbit sebelumnya di tahun 1972. Pendirinya yaitu Pia Alisyahbana pertama kali terbit harganya yaitu Rp 150,-

Pemilihan Gadis Sampul merupakan ajang pemilihan model yang digagas oleh majalah Gadis dan diadakan sejak tahun 1987 – dan melahirkan banyak bintang ternama, seperti Dian Sastrowardoyo, Astrid Tiar, Cut Tarik, Kris Dayanti, Anissa Pohan, Jihan Fahira, Tika Bisono, dll. . Kontes pemilihan Gadis Sampul menjadi pelopor pemilihan model sampul di Indonesia.

Setumpuk kegiatan showbiz diekspos majalah ini, diantaranya Pesta Remaja ’81 dengan pusat pagelaran di Balai Sidang Senayan. Acara milik Majalah Gadis ini merupakan puncak kegiatan seni yang paling banyak penontonnya.

Pertemuan antara koreografer karya Guruh Sukarno Putra dan Bagong Kussudiardjo dalam satu pentas sangat mengundang massa untuk menonton pertunjukan. Kehadiran Abadi Soesman Band, Gito Rollies dan Hutahuruk Sisters juga MC kondang Kris Biantoro yang hadir secara langsung.

Tampang Musik ’81

Pagelaran Tampang Musik ’81 di selenggarakan pada 13 Juni 1981 diselenggarakan di Balai Sidang Senayan. Majalah Gadis menjadi penggagas acara Tampang Musik ’81 yaitu perkembangan musik di Indonesia sepanjang tahun 1980. Mencari alternarif genre musik yang bakal langgeng sepanjang tahun 1981 seperti musik : rock, jazz, disko, country, balada dan musik pop.

Acara Tampang Musik ’81 dimeriahkan oleh beberapa band ternama dari ibu kota Jakarta dan Bandung. Giant Step hadir dengan irama progresif rock, grup band yang selama ini dikenal sebagai grup rock yang paling kuat dan mempertahankan prinsip, yaitu selalu tampil membawakan lagu-lagu karya sendiri.

Benny Soebardja merupakan konseptor utamanya. Giant Step berformasikan Benny Soebardja (vokal, gitar) Harry Soebardja (gitar) Deddy Dores (gitar) Adhi Sibolangit (bass) Ferry Admadibrata (keyboard) dan Jelly Tobing (drum). Giant Step memiliki ciri khas lewat break-breaknya yang tegas di interlude.

Gipsy Band dikenal sebagai kelompok musik rock yang dibentuk tahun 1966, sebelum dikenal sebagai band Sabda Nada Bersama Guruh Sukarno Putra, Gipsy Band menghasilkan album rekaman yang berjudul Guruh Gipsy yang dirilis tahun 1977 dan menjadi tonggak musik Pop Indonesia. Formasi Gipsy Band yaitu Chrisye (bass, vokal) Keenan Nasution (drum, vokal) Oding Nasution (gitar) dan Abadi Soesman (keyboard).

Formasi band Guruh Gipsy – nampak di depan Guruh Soekarnoputra (celana jeans angkat kaki) dan Chrisye (alm) dan berdiri di belakang Keenan Nasution. Mereka melegenda di awal 1980an.

Dari Hollywood, aktor Roger Moore berhasil menarik penggemar karena perannya sebagai James Bond. Roger Moore menyelesaikan filmnya yang berjudul For Your Eyes Only yang shootingnya mengambil lokasi di Kepulauan Corfu Yunani.

Karier Roger Moore berawal dari teater yaitu ketika dia membawakan kisah-kisah klasik karya Wiliam Shakespeare. Filmnya yang terkenal yaitu The Saint dan The Persuaders, film seri yang ditayangkan di TVRI, popularitas The Saint hampir sama dengan Agen Rahasia James Bond 007 film yang diperankannya.

Aktor Hollywood lain yang melegenda yang diekspos pada edisi ini adalah Clint Eastwood dikenal sebagai aktor Hollywood dan pemeran film-film koboy. Filmnya yang berjudul Bronco Billy sebuah film action comedy, sebelumnya bermain untuk film Every Which Way But Loose.

Film-film yang dibintanginya meraih sukses, dia berperan sebagai bintang utama merangkap menjadi sutradaranya. Film-filmnya yaitu The Outlaw Josey Wales, Play Misty For Me, High Plains Drifter, The Eiger Sanction dan The Gauntiet.

Majalah Gadis edisi Juli 1981 memuat beberapa cerita bersambung yaitu : Di Hari Ulang Tahun Maria karya Boy Sugiarto, Kado Kecil Buat Dewi Rani karya Niken Pratiwi, Kain Kebaya Mama karya Rohyati Salihin.

Adapun rubrik tetap yang selalu hadir di Majalah Gadis yaitu : Surat Pembaca, Percikan, Bintang Anda, Terminal Pendapat, Uni Sayang, Mode, Kecantikan, Tangan Cekatan, Bedah Buku, Renungan, Pop News, Gadis Modis, Kranjang Humor, Idiiih Malu Deh dan Renungan.

Semoga dengan membaca dan mengulas kembali Majalah Gadis lawas bisa membuka kembali kenangan lama.

Salam Seide,

Kin Sanubary.

Avatar photo

About Kin Sanubary

Kolektor & Dokumentator Media Cetak Lawas, mengoleksi 3,000 lebih eksemplar surat kabar dan majalah yang diterbitkan oleh 300 perusahaan media sejak 1958, tinggal di Subang Jawa Barat