Hadiah 15 Miliar Bagi Yang Bisa Mengembalikan Uang Curian Peretas Harmony

Peretas Mencuri 1,5 triliun dari Harmony

SEIDE.ID– lagi-lagi ulah peretas yang merampok aset kripto. Kali ini yang menjadi korban adalah Harmony. Itu sebabnya, Harmony menawarkan hadiah $ 1 juta untuk pengembalian dana yang dicuri dari platformnya. 

 Harmony Protocol, blockchain proof-of-stake (PoS), kemarin men-tweet tawaran hadiah $ 1 juta ( Rp 15 Miliar) bagi siapapun yang bisa mengembalikan dana miliknya yang dicuriperetas sebanya $100 juta( Rp 1,5 triliun). Aset kripto yang dicuri peretasan melalui jembatan Horizon yang terhubung dengan Ethereum pada hari Kamis lalu. 

Benarkah Peretas Uang Kripto Teman Dekat Pemilik Bursa ?

 Perusahaan menambahkan bahwa jika uang itu dikemnbalikan, mereka tidak akan melakukan penuntutan pidana. Bahkan, mereka tetap akan memberi hadiah sebesar AS$1 juta.

Semua Aman Tapi Uang Dirampok

Pendiri dan CEO Harmony Protocol, Stephen Tse, juga mentweet bahwa “tidak ada bukti pelanggaran kode kontrak pintar.  Tidak ada bukti kerentanan pada platform Horizon yang ditemukan.  Lapisan konsensus kami dari blockchain Harmony tetap aman.”

Masalahnya, uang tetap dapata dicuri dan peretas tentu labih ahli dibanding para tehnisi di Harmony Protocol. Ini problem di semua peretasan di cryptocurrency. Itu sebabnya, pengelola bursa atau developer cripto sering mengalah dengan memberi hadiah maupun bonus untuk memecahkan masalah yang ada. 

Memanfaatkan Dompet Multi Tandatangan

 Sementara tim Harmony melanjutkan penyelidikannya, pakar keamanan pada hari Jumat telah menawarkan beberapa wawasan tentang peretasan tersebut.  Menurut Mudit Gupta, kepala petugas keamanan informasi Polygon, pelaku menguasai dompet multi-tanda tangan yang digunakan dalam menyebarkan jembatan Harmony, mungkin dengan mengorbankan dua alamat pribadi, dan menghabiskan dana.

Crypyocurrency Rawan Terhadap Hacker dan Scammers

Hari ini, Tse mengatakan bahwa “timnya telah menemukan bukti bahwa kunci pribadi telah disusupi, yang mengarah pada pelanggaran jembatan Horizon kami.”

 Dia menambahkan bahwa sementara penyelidikan sedang berlangsung, Harmony akan “terus mengambil langkah-langkah untuk lebih memperkuat operasi dan keamanan infrastruktur kami.”

  • MS, Sumber The Block, Mike Millard Foto BelNcrypto

Agen Rahasia AS Selamatkan Kripto Dari Peretas

About Admin SEIDE

Seide.id adalah web portal media yang menampilkan karya para jurnalis, kolumnis dan penulis senior. Redaksi Seide.id tunduk pada UU No. 40 / 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik (KEJ). Opini yang tersaji di Seide.id merupakan tanggung jawab masing masing penulis.