Survei SMRC : Komitmen Masyarakat pada Pancasila Masih Tinggi

Gedung Pancasila

 Mayoritas warga, 84%, tidak percaya sekarang sedang terjadi kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI) di tanah air –  yang percaya hanya 14%.  Dari sisi massa pemilih partai, yang lebih banyak percaya dengan adanya kebangkitan PKI adalah massa pemilih PKS (34%), kemudian Gerindra (27%), dan Demokrat (26%).  Foto : Menlu RI.

Seide.id.  –  Mayoritas warga, 82%, menilai Pancasila adalah rumusan terbaik dan tidak boleh diubah atas alasan apapun bagi Indonesia yang lebih baik.  Ada 10% yang berpendapat bahwa sejauh ini Pancasila paling pas bagi kehidupan Indonesia meskipun Pancasila buatan manusia dan mungkin ada kekurangan. 

Hanya 2% yang menilai Pancasila sebagian besar harus diubah, dan 1% yang berpendapat beberapa sila dari Pancasila perlu diubah atau dihapus. 

Hal itu terungkap dari hasil survey terbaru – 15 – 21 September 2021 – dari Saiful Mujani Research & Consulting (SRMC), yang diperoleh Seide. id . 

Survei meliputi sikap terhadap pancasila,  isu kebangkitan PKI, isu Jokowi orang PKI atau terkait  PKI. 

Survei Nasional September 2021 menyatakan, mayoritas warga, 77%, berpendapat bahwa negara dan pemerintahan kita tidak boleh dijalankan hanya menurut satu ajaran agama, yakni Islam, melainkan menurut kesamaan di antara berbagai agama sebagaimana tercermin dalamPancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD). 

Yang setuju negara dan pemerintahan dijalankan hanya menurut ajaran agama Islam ada 16%. Yang tidak menjawab 7% 

“Komitmen warga pada negara dan pemerintahan yang dijalankan berdasarkan Pancasila ini—bukan atas dasar ajaran agama Islam—relatif tinggi dan menguat dalam 7 tahunterakhir, “ kata Saiful Mujani. Survei dilakukan merespon munculnya isu komunisme dan kebangkitan PKI di setiap bulan September. 

Selanjutnya, Tak percaya kebangkitan PKI

Avatar photo

About Supriyanto Martosuwito

Menjadi jurnalis di media perkotaan, sejak 1984, reporter hingga 1992, Redpel majalah/tabloid Film hingga 2002, Pemred majalah wanita Prodo, Pemred portal IndonesiaSelebriti.com. Sejak 2004, kembali ke Pos Kota grup, hingga 2020. Kini mengelola Seide.id.