20 Pertanyaan Penting Saat Ethereum The Merge Melakukan Revolusi Teknologi Blockchain

20 Pertanyaan Penting Saat Ethereum The Merge Melakukan Revolusi Teknologi Blockchain

Hari ini – jika tak berubah- Ethereum akan berpindah sistem dari POW ke POS. Banyak kelebihan akan terjadi saat Ethereum 2.00 bergabung menggantikan Ethereum 1.0

Hari ini, 15 September 2022, Ethereum The Merge akan tercatat dalam sejarah cryptocurrency bagaimana sebuah jaringan blockchain di tengah ketidakpastian perlindungan dari pemerintah, mampu melakukan peningkatan teknologi yang luar biasa. Berikut 20 pertanyaan penting piihan yang banyak ditanyakan saat Ethereum the Merge.

1- Apa inti dari The Merge ?

 The Merge ( Penggabungan)  adalah transisi dari protokol konsensus Proof-of-Work (POW) ke protokol konsensus Proof-of-Stake ( POS) yang akan dijalankan oleh Ethereum.

2- Jadi, apanya yang di Merge ( digabung) ?

Proses the Merge dimulai saat Ethereum mengintegrasikan dua rantai blockchain independen yang ada di ekosistem miliknya: lapisan eksekusi yang masih PoW dan lapisan konsensus (Beacon Chain) yang sudah PoS. Keduanya digabungkan. Makanya disebut merge (penggabungan) dua lapisan rantai dan sepenuhnya PoS.

3- Bagaimana menjelaskan penggabungan ini dengan mudah kepada orang awam ?

Bayangkan Ethereum adalah pesawat ruang angkasa yang tidak cukup siap untuk melakukan perjalanan menuju antarbintang. Dengan Beacon Chain, komunitas membangun mesin baru dan lambung pesawat yang diperkeras. Setelah pengujian yang signifikan, sudah hampir waktunya untuk mengganti mesin baru dengan mesin lama di pertengahan penerbangan. Itulah proses model penggabungan. 

4- Istilah Beacon Chain sebenarnya apa ?

Beacon Chain adalah jaringan independen yang memungkinkan chain PoS bekerja secara bersamaan dengan chain PoW tanpa memengaruhi yang lain. Beacon Chain sudah berjalan sejak Desember 2020 dan berhasil. 

5- Mengapa pindah ke POS ?

Sistem POS, memungkinkan Ethereum tidak lagi bergantung kepada proses menambang yang mengkonsumsi banyak energi untuk menciptakan blok. Tujuan utama sistem POS adalah penghematan energi

6- Target Utamanya apa ?

Kecepatan, efisiensi, dan skalabilitas jaringan Ethereum begitu upgrade selesai dijalankan.

7- Bagaimana dengan  efesisensi energi ? 

Menurut Ethereum Foundation, konsumsi energi Ethereum sesudah The Merge, akan menurun sekitar 99,95%. Jauh lebih kecil dibanding lainnya, termasuk Bitcoin. Aset kripto akan memeproleh nama baik soal energi inil 

8-Soal isu banyaknya jumlah koin di  peredaran ?

Penerbitan ETH baru diperkirakan akan turun sekitar 90% dan lebih dari jutaan ETH akan dikunci selama berbulan-bulan. Hal ini diharapkan akan meningkatkan kelangkaan ETH di dalam peredaran dan akan memicu kenaikan harga.

9- Berapa jumlah Eth sekarang kok sampai dibatasi ?

Jumlah ETH saat ini tidak terbatas. Setiap tahun Ethereum memproduksi 18 juta Ether. Hingga April 2022, 120 juta ETH yang memenuhi pasar kripto. Bayangakan Bitvcoin hanya 21 juta sepanjang masa. 

10-Mengapa proses The Merge begitu lama dan berbelit ?

Upgrade Ethereum 2.0 ini tidak mudah. Upgrade terbagi dalam tiga fase. 

-. Fase Pertama upgrade ini diperkenalkan pada bulan Desember 2020 lalu dan berjalan paralel dengan main chain Ethereum yang disebut dengan Mainnet. Fase ini merupakan fase peluncuran Beacon Chain. 

-. Fase Kedua yaitu fase The Merge di mana Mainnet dan Beacon Chain digabungkan dan jaringan Ethereum mulai beroperasi menggunakan mekanisme Proof-of-Stake (PoS). 

-. Fase Ketiga disebut Sharding, yang kemungkinan besar akan diluncurkan pada tahun 2023, dimana saat sharding terjadi, Ethereum akan dapat menangani ribuan transaksi per detik. Dengan adanya sharding ini beaya gas fee turun drastis. Mahalnya gas fee merupakan kekurangan dari Ethereum selama ini. 

11-Bagaimana penjelasan sharding yang mudah dimengerti ?

Dengan Sharding memungkinkan partisi blockchain ethereum menjadi bagian yang lebih kecil, lebih mudah dikelola. Seiring waktu, ini akan sangat meningkatkan kecepatan dan transaksi per detik dari jaringan dengan biaya jaringan lebih rendah. Peningkatan skalabilitas yang akan dibawa oleh sharding harus mengurangi kemacetan jaringan dan biaya tinggi yang sesuai yang saat ini diperlukan untuk melakukan bisnis pada Ethereum yang penuh sesak blockchain. 

12-Apa pengaruhnya The Merge dengan koin kripto kita ?

Jika Eth naik, maka otomatis altcoin yang dibangun di atas blockchain Ethereum seperti Polygon dan Arbitrum juga berpotensi mengalami pertumbuhan harga menyusul implementasi The Merge.

13-Apakah ada dampak positif bagi koin lain selain Eter ?

Belum ada data yang menyatakan seperti itu. Namun teknologi baru, penghematan energi dunia disukai banyak orang. Jika Eth naik, kemungkinan besar semua koin atau token yag ada di Ethereum, akan mengalami bonus naik otomatis pula. 

14-Apa yang disebut Triple Halving dalam The Merge ?

The Triple Halving” adalah istilah yang diberikan oleh komunitas kripto atas berkurangnya jumlah penerbitan ETH baru yang akan terjadi setelah Ethereum sepenuhnya ditingkatkan ke algoritma konsensus PoS. Triple Halving pada dasarnya mengacu kepada istilah “halving” pada Bitcoin yang merupakan pengurangan imbalan untuk penambang menjadi setengahnya yang terjadi setiap kurang lebih 4 tahun sekali. Ethereum akan melihat tingkat penerbitannya berkurang sekitar 90% setelah the Merge dan itu setara dengan tiga Bitcoin halving terjadi sekaligus.

15-Setelah POW diganti POS, apa manfaat adanya validator yang menggantikan penambang ?

Penambang memang digantikan oleh validator saat melakukan sistem POS. Validator melakukan fungsi yang sama. Bedanya, validator tidak menghabiskan beaya dan energi saat menggunakan komputasi. Sementara validator tetap bekerja dan harus jujur, sebab mereka mempertaruhkan ETH sebagai jaminan terhadap perilaku tidak jujur. Jika tak bekerja, Eth yang dipertaruhkan, bisa berkurang. 

16-Apakah ada kelemahan The Merge Ethereum ini ?

Ada. Upgrade ini dikhawatirkan tidak akan dengan seketika memecahkan isu skalabilitas yang ada di Ethereum. Penyebabnya, pengguna Ethereum akan terus bertambah. Scaling dan scabilitas merupakan “masalah jangka panjang” yang tidak dapat diperbaiki oleh pembaruan atau peningkatan tunggal apa pun. Termasuk The Merge. Jika Penggabungan ini untuk menambah user sebanyak 100 juta, jika user berlipat ganda dari itu, mungkin akan ada upgrade atau The Merge lagi. Prosesnya masih panjang. 

17-Manfaat apa yang didapat oleh dunia aset kripto ?

Diharapkan update teknologi yang dibawa Ethereum ini menjadi manfaat besar bagi komunitas Kripto yang akan menghasilkan blockchain yang lebih berkelanjutan, lebih cepat, dapat diukur, dan aman. Lebih ramah lingkungan . Manfaat lain adalah memperkuat bisnis NFT dan Web3 yang saat ini berada di Ethereum `1.0

18-Bagaimana dengan nasib Koin Eth saya saat penggabungan ?

Tak ada masalah dan tidak ada perubahan apapun. Perubahan Eth lama ke baru perlu proses. Investor tak akan kehilangan apapun. Sebaliknya jika mulus, eth bisa bergerak naik.

19-Apakah peristiwa The Merge ini akan menaikkan koin Eth ?

Logikanya begitu. Harapannya begitu, Jumlah Eth terbatas. Beaya gas fee murah. Transaksi mudah dan cepat. Ya, harapan dan loginya pasti naik. 

20- Apakah perpindahan Ethereum 1.0 ke Ethereum 2.0 dalam peristiwa he Merge selesai secara teknologi ?

Tidak. Proses blockchain akan terus terjadi setelah The Merge, yakni; 

-. The Verge ( penyimpanan data untuk node aethereum), 

-. The Surge ( Penyimpanan data untuk validator dan merampingkan kemacetan jaringan)

-. The Purge ( Pemutakhiran terakhir. untuk memastikan kelanaran jaringan)

-. The Splurge ( Pemutakhiran terakhir untuk memastikan seluruh jaringan berjalan lancar)

BACAAN LAIN:

Peristiwa Penggabungan Ethereum 2.0 Pada 15 September 2022

Awasi Kenaikan Eth Saat Penggabungan Ethereum

The Merge Ethereum Hemat Energi dan Mengatur Kelangkaan Koin Eth

2 Hari Lagi Sejarah Kripto Mencatat Penggabungan  Ethereum 2.0

Kejadian Setelah Ethereum Melakukan Penggabungan

About Mas Soegeng

Wartawan, Penulis, Petani, Kurator Bisnis. Karya : Cinta Putih, Si Doel Anak Sekolahan, Kereta Api Melayani Pelanggan, Piala Mitra. Seorang Crypto Enthusiast yang banyak menulis, mengamati cryptocurrency, NFT dan Metaverse, selain seorang Trader.