Kisah Sebuah Foto: Pengemis Veteran PD 1, Minta Receh Pada Raja Inggris!

Ia tahu, persoalan di Rusia bukan pergolakan sosial semata, tetapi ada agenda besar dari kaum komunis untuk menggulingkan kekuasaan yang sah disana.

Nah, menampung keluarga Tsar II nampaknya seperti memindahkan bara api dari Rusia ke Inggris.

Potret Tsar yang terkenal berdarah dingin, akan langsung terseret masuk ke Inggris.

Semua warga Inggris tahu, karena kejadiannya menjadi berita dunia, Tsar pernah memerintahkan menembak ribuan warga sipil yang melakukan demonstrasi damai di hari Minggu, 22 Januari 1905.

Sekitar 3.000-50.000 demonstran berhadapan dengan 10.000 pasukan kerajaan yang berpeluru tajam. Ribuan orang tewas, luka-luka dan ditangkap!

Komunis nampaknya juga punya agenda sendiri. Pasti juga mengikuti dan akan bangkit di Inggris. Sentimen yang sama akan muncul di London.

Ini bahkan bisa lebih gawat dari sentimen anti Jerman yang baru saja ia lewati dengan gemilang.

Pergolakan melawan Tsar lebih berbahaya! Dan George V tahu, kalau ia menampung sepupunya itu, sasaran bisa bergeser: akan menghantam keluarganya sendiri dan masa depan monarki Inggris!

George V tetap tak menjawab pemintaan sepupunya.

Sikap tega ini dinilai kejam, karena ia sampai hati untuk tidak menolong sepupu sendiri yang kesulitan.

Dianggap sebagai pengkhianat keluarga. Tetapi bisa jadi ia memang melihat gambaran yang lebih luas: mencegah huru-hara sekaligus masuknya komunisme ke tanah Inggris.

Berlian 1,3 kg

Sampai Kaisar Tsar dan keluarganya ditangkap kaum komunis dan dibawa ke sebuah Rumah Persembunyian bernama Ipatiev, raja George V tetap tidak memberi jawaban apa-apa.

Rumah Ipatiev di ruang bawah tanah seluruh keluarga Tsar dieksekusi.
Rumah kemudian dihancurkan. Sebuah gereja didirikan untuk mengenang mereka.

Tanggal 17 Juli 1918, Kaisar Tsar, permaisuri dan kelima anak mereka, juga para pembantu setia dibantai di rumah yang juga mendapat julukan Rumah Untuk Segala Keperluan.

Keluarga Tsar Nicholas II lengkap, dari kiri:
Olga, Maria, Kaisar Nicholas, permaisuri Alexandra Fyodorovna, Anastasia, Alexei, dan Tatiana. 
di Istana Livadia , 1913.

Kematian Tsar menyisakan banyak pertanyaan, mengingat keluarga ini masih sempat menyembunyikan banyak perhiasan terakhir yang dijahit dalam pakaian mereka.

Para suster kaisar sendiri menyimpan banyak  sekali butiran berlian total diperkirakan seberat 1,3 kilogram! Kemana saja perhiasan terakhir Tsar II?

Komunis lalu berkuasa di Rusia dan mendirikan gabungan negara baru bernama Uni Sovyet.

Nah, Keputusan kedua nan berat ini diyakini menyelamatkan monarki Inggris hingga saat sekarang.

Avatar photo

About Gunawan Wibisono

Dahulu di majalah Remaja Hai. Salah satu pendiri tab. Monitor, maj. Senang, maj. Angkasa, tab. Bintang Indonesia, tab. Fantasi. Penulis rutin PD2 di Facebook. Tinggal di Bogor.