Pengacara Sambo: Putusan Itu Mencabut Nyawa Terdakwa

Seide.idFerdy Sambo divonis mati, koordinator tim Penasihat Hukum terdakwa, Arman Hanis menghormati keputusan majelis hakim yang disebut oleh Rasamala Aritonang sebagai keputusan itu mencabut nyawa terdakwa.

“Pada intinya kami melihat apa yang disampaikan, apa yang dipertimbangkan majelis hakim ini kami hormati,” ujar Arman usai persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Senin (13/2/2023).

Hakim memutuskan vonis mati kepada Mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri ini, setelah dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pembunuhan berencana terhadap eks ajudannya, Brigadir
N Yosua Hutabarat.

“Menurut kami (putusan majelis hakim) tidak berdasarkan fakta persidangan, hanya berdasarkan asumsi,” kata Arman

Dipersilahkan Upaya Lanjutan

Terhadap keputusan ini, Hakim mempersilakan Ferdy Sambo sebagai terdakwa menempuh upaya hukum lanjutan jika tidak puas dengan keputusan tersebut.

Tim pengacara Sambo akan memanfaatkan waktu 7 hari untuk pikir-pikir untuk upaya hukum banding.

Menurut tim pengacara Sambo, Rasamala Aritonang, pihaknya tidak cukup menduga keputusan hakim mencabut nyawa terdakwa.

“Kami cukup tidak menduga juga, karena memang putusan ini juga apa betul peristiwa dan tindakan itu sebegitu luar biasa sampai kemudian harus mencabut nyawa terdakwa, putusan ini mencabut nyawa terdakwa,” kata Rasamala, (13/2).

Vonis Putri Candrawathi

Sementara, hakim juga memvonis istri Sambo, Putri Candrawathi dengan hukuman 20 tahun penjara.

Dalam keputusan terhadap Putri, hakim kesampingkan motif pelecehan seksual dengan alasan tak dapat dibuktikan.

“Motif yang tepat menurut Majelis Hakim adalah adanya perbuatan atau sikap korban Nofriansyah Yosua Hutabarat, di mana perbuatan atau sikap korban tersebut yang menimbulkan perasaan sakit hati yang begitu mendalam dari Putri Candrawathi,” jelas Hakim, Wahyu Iman.

Rasamala mengatakan, tim pengacara akan mempelajari keputusan hakim. Namun ia belum menjelaskan apakah pihaknya akan mengajukan permohonan banding atas vonis Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.

“Tentu kami pelajari putusannya dengan baik, nanti akan diambil keputusan apakah ada langkah lebih lanjut,” ujar Rasamala.
(ricke senduk)

Ferdy Sambo Divonis Mati: Tak Ada Hal Yang Meringankan

Ferdy Sambo Divonis Hukuman Mati

Avatar photo

About Ricke Senduk

Jurnalis, Penulis, tinggal di Jakarta Selatan