Serigala Itu Adalah Kita…!

Apapun usahanya, main getok di harga itu hal biasa, lumrah, dan lazim. Apalagi, jika calon pelanggan itu tampak lugu dan tidak pengalaman. Jangan heran, jika pelanggan yang lugu itu jadi mangsa empuk serigala.

Disadari dan diakui atau tidak, kita sering kali menjelma jadi serigala bagi orang yang lain.

Jangan kaget, tersinggung, atau marah. Lebih baik kita akui dengan jujur dari kedalaman hati, lalu perbaiki diri.

Kenyataannya, banyak di antara kita yang menerapkan ilmu aji mumpung. Selagi menjabat, kuasa, kaya, terkenal, selagi dibutuhkan, dan seterusnya.

Aji mumpung yang positif dan amanah itu, jika kita peduli untuk memperbaiki lingkungan sekitar dan bermanfaat bagi banyak orang. Sebaliknya aji mumpung yang negatif itu untuk perkaya diri atau kepentingan kelompoknya. Dan hal ini yang mesti dijauhi atau dihindari.

Coba lihat dan amati di sekitar lingkungan sendiri.

Kita sering menemukan warung makan atau resto yang tidak menerakan harga di daftar menu, dan ujung-ujungnya penjual itu nembak harga ke pembeli.

Mekanik, tukang servis, pemborong, dan pekerja bidang jasa lainnya, juga banyak yang berbuat curang dengan mengakali pelanggan.

Sebenarnya untuk mencari serigala bagi sesamanya itu tidak harus pada orang lain. Karena kita sendiri sering jadi serigala itu.

Saat kita memanfaatkan orang lain untuk kepentingan sendiri, mark-up harga pembelian barang untuk kantor, dan sebagainya.

Sesungguhnya, kita adalah serigala itu, ketika kita berbuat curang, menipu, merampok, atau menindas sesama. Kita memakan sesama demi perkaya diri atau kepentingan kelompoknya.

Sifat serigala yang bercokol di hati itu dapat diatasi jika kita belajar tegas untuk mengontrol dan mengendalikan diri dari pengaruh jahat itu.

Caranya, kita menghidupi jiwa ini dengan bersikap jujur, mengasihi sesama, dan ikhlas. Sikap jujur dan setia, karena kita dipercaya Allah.

Hidup ini anugerah Allah, jika kita taat dan setia menjalankan amanah-Nya.

Foto : Pixabay

Mengosongkan Diri Untuk Diisi

Avatar photo

About Mas Redjo

Penulis, Kuli Motivasi, Pelayan Semua Orang, Pebisnis, tinggal di Tangerang