ChatGPT Untuk Menipu

ChatGPT Untuk Menipu

Kemajuan teknologi tak hanya bermanfaat bagi masyarakat, tapi juga menguntungkan bagi pencuri. Melalui kepandaian mereka dalam mengolah, dan mengintegrasikan teknologi, orang-orang jahat dengan mudah menelan orang-orang yang mudah tertipu yang tidak paham teknologi

ChatGPT yang dikembangkan OpenAI, tak luput dari penyalahgunaan penjahat, untuk menjebak mangsanya.  Saking canggih dan cerdasnya ChatGPT, orang sering tak menyadari, penjahat mampu menipu korbannya melalui berbagai cara. Ini yang layak anda hindari. 

Phishing

Penipuan phishing bisa disebut sebagai upaya penipuan untuk mengelabui individu. Melalui berbagai cara, baik lewat penawaran, formulir atau sekedar untuk membuka tautan, penipu dapat menggunakan ChatGPT untuk menuliskan pesan khusus, yang dipercayai korbannya. Jika anda menuliskan data sensitif seperti email, nomor telepon atau PIN, penipu akan bisa memberdaya anda. 

Penipuan ChatGPT Yang Layak Dihindari
Penipuan ChatGPT Yang Layak Dihindari

Selalu berhati-hati terhadap permintaan informasi pribadi yang tidak diminta dan verifikasi keaslian pesan sebelum mengambil tindakan apa pun.

Interaksi 

Penipu bisa menyamar sebagai penjual barang atau perwakilan pelanggan yang seakan membantu secara teknis untuk berkomunikasi dengan anda. Yang banyak terjadi, mengaku sebagai perwakilan aplikasi atau email untuk membantu anda dengan data-data pelanggan. Sekali anda menuliskan data sensitif seperti nomor telepon, alamat email atau mengklik tautan mereka, data keuangan anda bisa terkuras. 

Jika anda diminta memverifikasi atau menuliskan data sensitif anda, jelas mereka penipu. Perwakilan perusahaan aplikasi atau keuangan, biasanya berkomunikasi melalui saluaran resmi mereka. Bukan melalui medsos.  

Penipu mungkin menyamar sebagai perwakilan dukungan pelanggan menggunakan ChatGPT untuk menciptakan percakapan yang sepertinya nyata dan  otentik. Mereka mungkin mengklaim membantu dengan masalah teknis, masalah akun, atau pengembalian dana, sehingga mengarahkan pengguna untuk berbagi informasi sensitif.

Saran Investasi 

ChatGPT mampu mengubah teks sehingga mudah dimanfaatkan penipu untuk menghasilkan pesan bujukan dalam menawarkan saran atau peluang investasi yang menjanjikan. 

Hati-hati dengan pesan yang tidak diminta yang menjanjikan jamimnan pengembalian atau mendesak calon korban untuk berinvestasi pada aset tertentu. jangan mudah tertarik iming-iming yang menjanjikan, terlebih uang anda ada di tangan mereka- atau seakan anda memasukkan uang anda ke dalam dompet bursa atau aplikasi buatan mereka. Selalu lakukan riset, info atau nasihat dari orang yang lebih memahami daripada anda. Tak peduli mereka orang asing atau dari perusahaan terkenal. 

Layanan Khusus

Para penipu dengan keahlian teknologi terbau seperti ChatGPT sering memberitahu anda bahwa email atau akun anda terserang phising atau virus, sehingga meminta anda untuk mengklik tautan yang mereka berikan. Mereka juga sering meminta anda mengunduh perangkat lunak atau aplikasi dan biasanya link untuk anda klik sehingga anda cepat menjadi korban. 

Yang bahaya juga ketika mereka bisa memasukkan link ke komputer anda, mereka bisa menguasai komputer anda, lalu menguras apa saja yang ada di dalam komputer. Termasuk data rahasia, pin, password atau phrasa khusus untuk membuka akun dan dompet anda. Hindari dan hubungi pihak resmi dari pelayanan yang mereka tawarkan. 

Belanja Online:

Yang terbanyak saat ini adalah melalui belanja online. Mereka membuat daftar produk palsu, ulasan pelanggan palsu, kesaksian palsu. Begitu anda membiarkan data anda kepada para penjual online jahat ini, habislah harta anda. Hindari jika mereka meminta email atau data sensitif. Lebih baik belanja di toko online resmi yang tak pernah meminta data setiap kali anda membeli sesuatu. 

Mereka-para penipu – ini ahli, namun keahliannya untuk menipu. Mereka adalah orang ahli yang malas dan jahat yang setiap keahlian yang mereka pelajari dipakai untuk merugikan orang lain. 

Kita ini hidup di jagad teknologi yang canggih yang tak didukung oleh pengawasan ketat dari pemerintah dan tanpa perlindungan dari ejabat terkait. Sepertinya kita ini hidup di hutan belantara dan dibiarkan survive sendiri, meski kita bayar upeti setiap saat. 

Sumber AI

Jangan klik! Phishing BIsa Menguras Saldo Bank Anda

Penipuan Kripto Dibiarkan Memperdaya Investor

Cara Berbisnis Kripto Menggunakan AI dan ChatGPT

Avatar photo

About Mas Soegeng

Wartawan, Penulis, Petani, Kurator Bisnis. Karya : Cinta Putih, Si Doel Anak Sekolahan, Kereta Api Melayani Pelanggan, Piala Mitra. Seorang Crypto Enthusiast yang banyak menulis, mengamati cryptocurrency, NFT dan Metaverse, selain seorang Trader.