Jangan Mudah Percaya Ajakan Orang Beli Crypto Tertentu

Jangan Mudah Percaya Ajakan Orang Beli Crypto Tertentu

Foto: Market Insider-Business Insider

Yang paling menyenangkan dengan aset kripto itu adalah begitu mudahnya kita bertransaksi menggunakan uang digital. Baik untuk investasi jangka panjang, trading, staking atau main futures yang tiap setengah jam, kesuksesannya bisa diulang terus menerus.

Yang menjengkelkan dari cryptocurrency adalah betapa banyaknya orang-orang jahat berkeliaran di sekitar cryptocurrency. Baik itu hacker, scammer, phishing atau orang-orang yang sepertinya baik memberi kita arahan untuk mencari uang dengan mudah. Tidak ada yang mudah jika itu menyangkut uang. 

Beberapa kali saya menegaskan, di dunia internet, anda seharusnya tidak percaya kepada siapapun. Termasuk orang dengan baju agama mengarahkan anda membeli token atau koin tertentu. Ingat,” jangan percaya siapaun di internet”.

Kebanyakan orang-orang mencurigakan di sekitar aset kripto, jika bukan orang jahat yang akan menipu uang kita, adalah orang-orang yang tampaknya baik, menyarankan kita untuk membeli token tertentu. Di Telegram, facebook dan twitter, mereka setiap saat memuji developer token tertentu yang telah menyelamatkan hidupnya karena sekarang ia sudah kaya raya. Mereka juga memberi kesaksian dengan menampilkan screetshot jumlah crypto uang mereka dapatkan yang mencapai miliaran. !

Orang yang sudah kaya tidak bermain di medsos. Jika mereka main kripto, mereka tinggal di rumah, menghadapi laptop atau ponsel dan jual beli kripto.  Tidak setiap saat memuji token, pamer kesuksesan dan membujuk orang untuk masuk perangkap jahat.

Orang-orang yang kebanyakan di Telegram khusus crypto yang memberi kesaksian dan selalu bilang to the moon atau keuntungan berlipat, adalah orang-orang yang dibayar oleh developer token untuk meninabobokkan investor yang belum paham aset kripto. Beberapa media, bahkan mereka yang sering muncul memberi nasihat investasi kripto, juga dibayar oleh developer token. 

Ada yang penyampaiannya halus, ada yang kasar dan norak. Di beberapa media Amerika, juga ada media yang dibayar untuk memberi informasi atau mempromosikan token mereka. Dengan lantang mereka menuliskan dalam catatannya, bahwa media ini menerima bayaran atau honor untuk menuliskan mengenai topik tertentu soal cryptocurrency, namun mereka tidak terpengaruh dengan uang. Mereka memiliki kebebasan untuk menulis apa saja sesuai standar kredibilitas mereka. Termasuk mengkritik token yang mendanainya.

Untuk tidak terombang-amning oleh FUD atau FOMO, sebaiknya investor pemula belajar memahami dunia cryptocurrency, dan mencari tahu sendiri token atau koin  yang layak didjadikan investasi. 

Percaya, anda tidak akan terjerumus seperti investor lain yang terpengaruh bujukan maut para influenser pengembang token. Barang baik, sembunyi dimanapun akan tampak baik. Tetapi yang terlalu baik dan gampang, tidak baik dan tidak agampang. 

Belajar cryptocurrency saat ini seperti bepergian ke sebuah hutan, dimana di setiap yang kita lalui, selalu ada yang menarik; pohon pinus, air terjun, lembah, danau dan banyak lagi. Begitu juga halnya aset kripto. Ada Bitcoin, Ethereum, Cardano, The Graph. Itu kripto yang akan membuat anda banyak uang…

TULISAN LAIN

Cara Menyimpan Aset Kripto Agar Aman Dari Hacker dan Maling Kripto

Bedanya Dex dan Cex Dalam Bursa Kripto

Jangan Lupakan Sejarah: Roadmap of Cryptocurrency Lahirnya Bitcoin

About Mas Soegeng

Wartawan, Penulis, Petani, Kurator Bisnis. Karya : Cinta Putih, Si Doel Anak Sekolahan, Kereta Api Melayani Pelanggan, Piala Mitra. Seorang Crypto Enthusiast yang banyak menulis, mengamati cryptocurrency, NFT dan Metaverse, selain seorang Trader.