Kebijakan Aneh Gubernur NTT, Masuk Sekolah Jam 05.00

Seide.id- Gubernur NTT Viktor Laiskodat dari partai Nasdem mengeluarkan kebijakan yang bikin ramai karena dianggap aneh bahkan tidak jelas. Masuk sekolah jam 05.00 WITA. bagi pelajar SMK/SMA. Viktor pun minta, agar anak-anak ini bangun jam 04.00 subuh.

Saat ditanya wartawan apa dasar hukumnya mewajibkan masuk sekolah pukul 05.00 pagi, tidak diperolah jawaban jelas. Sebaliknya, Viktor malah menyuruh wartawan untuk berpikir sendiri.

“Dasar hukumnya Kau pikir sendiri,” ujar Viktor pada wartawan, Jumat (3/3/2023)

Timbulkan reaksi

Kebijakan tersebut menimbulkan reaksi dari banyak pihak terutama dari orangtua murid diantaranya soal kendaraan dan segi kerawanan.

Anggota Komisi X DPR dari Fraksi PKS Fahmy Alaydroes meminta agar kebijakan Gubernur NTT Viktor Laiskodat yang mewajibkan siswa-siswi SMA-SMK masuk sekolah mulai pukul 05.00 dipertimbangkan ulang.

Fahmy menilai, proses pendisiplinan pelajar dan peningkatan mutu pendidikan justru bisa dilakukan dengan berbagai cara.

“Terasa aneh dan tidak nyambung ketika ketertinggalan mutu pendidikan yang penyebabnya adalah merosotnya capaian standar mutu, tetapi yang disalahkan justru jam masuk sekolah,” kata Fahmy dalam keterangannya, Rabu (1/3).

Fahmy mengingatkan agar kepala daerah membuat kebijakan yang tidak mengada-ada.

“Maksudnya baik, mendidik siswa-siswi agar terbiasa disiplin, memanfaatkan waktu sejak dinihari. Namun, kebijakan itu menjadi tidak bijak bila kemudian memberatkan, merepotkan, dan membuat gaduh banyak pihak, terutama pihak orangtua,” ucap Fahmy.

Lebih lanjut, dia menyoroti murid yang beragama Islam. Menurut Fahmy, kebijakan tersebut berpotensi mengganggu kesempatan siswa-siswi untuk menunaikan shalat subuh di masjid.
(ricke senduk)

Ketika Warganet Ingat Ucapan Ahok Tentang LHKPN

Avatar photo

About Ricke Senduk

Jurnalis, Penulis, tinggal di Jakarta Selatan