Mbelgedes

Seide. id -Apa pun yang saya posting di fb, selalu muncul komentar itu, dan dari orang yang sama, “Mbelgedes!” Jujur, saya jadi penasaran siapa itu Mbelgedes. Saya tidak emosi atau tersinggung. Sebaliknya komentar itu mampu membuat saya terhibur dan tersenyum sendiri.

Mbelgedes! Nama itu terdengar akrab dan familiar di telinga saya. Mbelgedes yang selalu komentar dan menanggapi tulisan saya sama pleg dengan namanya, Mbelgedes.

Siapa itu Mbelgedes? Kapan saya meng-add pertemanan dengan dia?

Saya telurusi profilnya, tapi tidak ada penjelasan. Dia itu lelaki atau perempuan juga tidak jelas. Bahkan dia juga belum memposting sebiji foto atau tulisan, selain komentar.

Saking penasaran, saya mencoba untuk mengingat-ingat siapa itu Mbelgedes. Kendati saya telah berpikir keras, ternyata otak ini ngebleng. Mbelgedes itu sosok misteri, tapi bernuansa majis.

Bagaimana tidak. Mbelgedes itu umpatan yang mengingatkan saya, ketika di kampung. Tidak dipercaya, diremehkan, tidak menepati janji, omdo, dan penilaian yang kurang positif.

Saya heran seherannya, kenapa Mbelgedes selalu mengomentari apa pun yang saya tulis dengan sebutan: mbelgedes.

Saya berbagi kebaikan, dibilang mbelgedes. Berbagi motivasi atau inspirasi kehidupan juga dibilang mbelgedes. Bahkan tulisan hasil wawancara dikomentari mbelgedes juga.

Saya sungguh tidak percaya, jika Mbelgedes minim perbendaraan katanya. Dia toh bisa bilang: pret, omdo, boong, dan seterusnya. Dia termasuk jenis makhluk langka dan tidak berpendidikan?

Jika hal yang baik dan positif, iman dan kasih sayang itu selalu dicela, dikomentari, dicemooh, dihina, dan dianggap sok moralis alias munafik. Lalu, apa maksud Mbelgedes selalu nyinyir mengomentariku?

Tiba-tiba hati saya berdegup keras. Terlintas dalam pikiran saya, bahwa orang yang hobi nyinyir, dengki, iri hati, munafik, dan tidak senang melihat orang lain sukses itu datang dari si jahat. Sisi gelap dari hal-hal baik dan positif, yakni keegoisan yang bercokol di setiap insani.

Jadi, Mbelgedes yang tukang komentar itu ternyata ego saya sendiri…?
Astaga!

Mas Redjo/Red -Joss

https://seide.id/sebelum-terlambat/

Avatar photo

About Mas Redjo

Penulis, Kuli Motivasi, Pelayan Semua Orang, Pebisnis, tinggal di Tangerang