Waspada ! Nilai Aset Kripto Bisa Jatuh Di Angka Nol

Waspada ! Nilai Aset Kripto Bisa Jatuh Di Angka Nol

Beberapa peramal mempridiksi, nilai aet kripto bisa menjadi nol. Untuk beberapa koin bisa jadi benar, tetapi koin kuat seperti Bitcoin, Ethereum, USDT, XRP kemungkinan justru meledak di pasaran, kelak.

Tak satupun orang bisa memperkirakan bahwa harga TERRA Luna yang mencapai US$119,18 per koin atau setara Rp 1,73 juta, tiba-tiba berubah menjadi Rp 0. Ini terjadi pada 5 April 2022, setahun lalu. Luna jatuh kehilangan peg ( padanan) dengan dolar setelah terjadi eksploitasi oleh pemiliknya, Do Kwon beserta petinggi TerraLab lainnya. 

Demikian juga, bisa terjadi pada banyak koin kripto lain yang ada. Berapapun nilainya, menjelang FED menurunkan harga atau diberlakukannya Uang Digital ( CBDC- Central Bank Digital Currency) di berbagai negara. 

Seorang manajer Hedge Fund seperti John Paulson yang pernah menghasilkan US$20 miliar dengan memprediksi jatuhnya pasar perumahan AS pada tahun 2008, memperkirakan hal sama. Ia dengan tegas memprediksi bahwa nilai cryptocurrency akan turun menjadi nol.

Kripto Masih Diminati

Tapi tunggu dulu. Mari kita lihat data mutakhir. Jumlah cryptocurrency yang beredar di seluruh dunia saat ini hingga 15 Desember 2022, mencapai 22.035 menurut CoinMarketCap. Ini jumlah mata uang yang berlebihan untuk dikonsumsi 300 juta pengguna seluruh dunia. Di Indonesia hanya 11,2 juta orang. 

Kenyataan selama dua tahun terakhir, hanya 10% atau 2,000 koin kripto yang aktif diperdagangkan. Sisanya berjuang terengah-engah untuk hidup dan sebagian besar untuk penipuan atau rugpull. 

Koin-koin yang tak memiliki nilai intrinsik biasanya mudah jatuh atau tak bernilai. Nilai mata uang yang dapat dilihat dari kemampuannya untuk bisa ditukarkan dengan barang maupun jasa dan nilai dari pembuatan mata uang itu sendiri. 

Saat TerraLuna dipatok dengan dolar, ia memiliki nilai tinggi. Namun ketika padanannya hilang atau tidak dipeg lagi, nilainya jatuh. Meski saat ini TereraLuna masih diperdagangkan, nilainya sudah jatuh 99,99% alias Rp 21,-. Inipun masih tertolong karena kekuatan komunitas TerraLuna yang besar. Mereka aktif membujuk calon investor untuk membeli dan membakar koin mereka agar harganya naik. Salah satu kekuatan besar uang kripto memang terletak pada adopsi komunitas penggemar koin tertentu. 

Nilai Kripto

Jadi, sangat masuk akal, jika harga kripto bisa menjadi Rp 0 untuk koin-koin yang tak memiliki kekuatan dan nilai transaksi yakni permintaan dan persediaan. Cukup mudah kita melihat koin-koin berharga yang memiliki Market Capitalization ( MarketCap). 

Anda bisa melihat di aplikasi Coin Market Cap koin-koin kripto yang memiliki nilai seperti Bitcoin ($532,37miliar), Ethereum ( $221,83 miliar), USDT ($81,46 miliar), BNB ( $51,5 miliar), USDC (30,75 miliar), XRP ($23,84 miliar), Ada (13,35) miliar) dan beberapa lainnya yang kuat di komunitas seperti Doge, Polygon, Solana , Polkadot, Litecoin,, BUSD, Shiba Inu dan beberapa koin atau token lain yang memiliki market cap tinggi. Selebihnya bisa anda lupakan. Selebihnya itu adalah koin-koin yang harganya bisa jatuh di angka nol. 

Untuk meyakinkan bahwa beberapa koin kripto tetap hidup adalah, ketika semua negara telah memiliki Uang Digital, mereka memerlukan uang transaksional yang memudahkan mereka bertransaksi. Dan itu, hanya ada di cryptocurrency. Aset kripto sangata cocok hidup berdampingan dengan Uang Digital. 

Ramai Ramai Masuk Kripto

Kenyataan lain, banyak manajer hedge fund yang saat ini justru membeli Btcoin dan Ethereum serta XRP. Banyak investor masih memperoleh untung dari arbitrase di bursa kripto tertentu. 

Steve Cohen, manajemen Aset Point72 kini tengah meluncurkan dana perdagangan  yang fokus pada kripto. Manajemen Millenium Israel Englander telah mulai memperdagangkan derivatif kripto. Goldman Sach mengizinkan klien tertentu mengakses kripto, dan Citigroup memulai memperdagangkan mata uang kripto.

Bank Morgan Stanley bahkan mengizinkan klien mengakses perdagangan kripto dan sekarang menginvestasikan uangnya sendiri dalam koin spekulatif ini  dengan membeli Grayscale Bitcoin Trust senilai hampir seperempat miliar dolar beberapa hari yang lalu.

JPMorgan, melalui CEO nya pernah menyebut Kritpo sebagai penipuan, sekarang ini menawarkan kliennya akses ke produk cryptocurrency. Meski Schwab memungkinkan pelanggannya dikenalkan secara tidak langsung ke Bitcoin melalui berbagai “perwalian koin”, mereka tetap menyarankan klien supaya mempertimbangkan volatilitas tinggi dan risiko yang terlibat.

Waspada 

Harus diakui. aset kripto ini sangat berisiko. Aset spekulatif yang tidak memiliki metode untuk menghitung nilainya yang didukung di luar nilai perdagangan. Ditambah dengan banyaknya penipuan dan peretasan di dunia cryptocurrency, memang disarankan bahwa sebaiknya, jika ingin berinvestasi di aset kripto, sisihkan uang yang jika nilanya tiba-tiba menjadi Rp 0, anda masih bisa tidur nyenyak, tanpa beban. 

Uang Digital ( CBDC) dan Nasib Uang Kripto

150 Triliun Hilang Karena Penipuan Investasi Kripto

Mulai 1 Juni Warga Hongkong Bebas Transaksi Cryptocurrency

Enam Koin Kripto yang Akan Bernilai Seperti Bitcoin Dalam Waktu Dekat. Apa saja ?

CryptoNews: Peretasan Semakin Marak. Bursa Kripto Nyaris Tak Berdaya

Avatar photo

About Mas Soegeng

Wartawan, Penulis, Petani, Kurator Bisnis. Karya : Cinta Putih, Si Doel Anak Sekolahan, Kereta Api Melayani Pelanggan, Piala Mitra. Seorang Crypto Enthusiast yang banyak menulis, mengamati cryptocurrency, NFT dan Metaverse, selain seorang Trader.